Beijing (ANTARA) - Nilai perdagangan elektronik (e-commerce) lintas perbatasan China naik 9,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 577,6 miliar yuan (1 yuan = Rp2.240) pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, tunjuk data dari Kementerian Perdagangan China.

Selama periode tersebut, impor dan ekspor e-commerce China dengan negara-negara mitra e-commerce Jalur Sutra seperti Hongaria, Uni Emirat Arab, Kamboja, dan Brasil mencatat pertumbuhan yang pesat, kata kementerian itu.

Laju kerja sama internasional dalam bidang e-commerce kian meningkat, kata kementerian tersebut, seraya menambahkan bahwa untuk pertama kalinya, mereka mengorganisir platform e-commerce China untuk mengadakan roadshow di luar negeri. Melalui inisiatif seperti itu, perusahaan-perusahaan e-commerce China terhubung dengan lebih dari 60 perusahaan kecil dan menengah di Italia, menurut kementerian itu.

Pada Q1, penjualan retail daring nasional China mencapai 3,3 triliun yuan, meningkat 12,4 persen (yoy), dengan konsumsi jasa yang terus memimpin pertumbuhan, kata kementerian tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024