Beijing (ANTARA) - Dengan penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 berjarak kurang dari 100 hari lagi, para atlet China akan berlaga pada setidaknya 165 nomor di berbagai cabang olahraga (cabor), menurut Administrasi Umum Olahraga (General Administration of Sport/GAS) negara tersebut.

Hingga Rabu (17/4), China telah mengamankan tiket Olimpiade pada 165 nomor, ujar seorang pejabat GAS.

Di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia baru-baru ini, pasangan China Liu Yuchen dan Ou Xuanyi berhasil mengunci satu tempat pada nomor ganda putra untuk Paris 2024. Pencapaian ini menjadikan China sebagai satu-satunya tim yang berhasil mengamankan dua slot Olimpiade dalam semua lima nomor di cabor bulu tangkis.

China meloloskan perwakilan atlet dengan baik dalam sejumlah cabor yang memiliki tradisi kuat di negara itu, mencatatkan perwakilan yang hampir komplet pada cabor angkat besi, menembak, senam, loncat indah, dan tenis meja.

Selain itu, tim nasional (timnas) bola basket, hoki, dan polo air putri China berhasil lolos ke Olimpiade Paris. Timnas bola voli putri China akan bersaing untuk meraih peringkat dunia yang diperlukan guna lolos ke Olimpiade dalam ajang Liga Bangsa-Bangsa Bola Voli Putri 2024 yang dimulai pada Mei.

Berbagai turnamen kualifikasi Olimpiade mendatang yang digelar pada Mei dan Juni di Shanghai dan Budapest untuk cabor panjat tebing, skateboarding, breaking, dan BMX gaya bebas akan memberikan peluang lebih lanjut bagi para atlet muda China untuk lolos ke Olimpiade.
 
Para pemain China melakukan selebrasi usai meraih kemenangan di final melawan Jepang pada Piala Asia Wanita FIBA ​​2023 di Sydney, Australia, 2 Juli 2023. (Foto oleh Hu Jingchen/Xinhua)   


Namun, jumlah medali emas yang diperebutkan dalam Olimpiade Paris 2024 akan dikurangi 10 medali dibandingkan dengan Tokyo 2020, sehingga memengaruhi prospek raihan medali China. Penampilan para atlet China di beberapa nomor utama juga diperkirakan akan terdampak mengingat adanya perubahan dalam susunan atlet

Menanggapi hal itu, pejabat GAS tersebut menuturkan bahwa semua timnas berkomitmen untuk memaksimalkan 100 hari terakhir sebelum gelaran Olimpiade guna memastikan persiapan yang optimal demi meraih kesuksesan di Paris. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024