Jakarta (ANTARA) - Perempuan pengusaha pengguna layanan lokapasar Tokopedia membagikan pengalaman menjalankan inisiatif usaha ramah lingkungan dalam upaya membangun bisnis yang berkelanjutan.

Salah satu pendiri Klandizie, Amanda, menyampaikan bahwa perusahaannya menerapkan prinsip usaha berkelanjutan dan nol sampah dalam bisnis produk perawatan tubuh dan kebutuhan sehari-hari.

"Kita sadar telah menghasilkan banyak sampah, untuk itu makanya perlu mengurangi dengan menggunakan bahan alternatif atau yang bisa didaur ulang. Tidak usah terlalu banyak memakai plastik," kata Amanda dalam konferensi pers virtual bertajuk Tokopedia dan TikTok Bagi Kisah Inspiratif Kartini Jaga Bumi yang diikuti dari Jakarta, Jumat.

Amanda menjelaskan bahwa perusahaannya membuat produk perlengkapan kebersihan tubuh seperti sikat gigi dan sisir dari bambu yang menurut hasil riset aman digunakan dan ramah lingkungan.

Menurut dia, Klandizie juga berupaya mengurangi penggunaan bahan plastik yang susah terurai dalam pengemasan produk.

Ia menambahkan, Klandizie memberdayakan para perajin dari Bandung, Cimahi, dan Banten dalam upaya membangun bisnis yang ramah lingkungan. 

Konsistensi Klandizie, yang dibangun tahun 2017, dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan menjadikannya sebagai pemenang kompetisi Hijaukan Toko Tokopedia Hijau pada 2022.

Tokopedia Hijau merupakan gerakan untuk mengajak penjual menerapkan prinsip usaha ramah lingkungan dan membangun bisnis berkelanjutan.

Baca juga: Pembangunan bisnis berkelanjutan butuh partisipasi perempuan

Inisiatif usaha ramah lingkungan juga dijalankan oleh pemilik usaha produk perawatan tubuh Serenitree, Sandra Djajadisastra.

"Produk dengan bahan-bahan alami atau herbal tidak hanya lebih baik atau lebih sehat untuk tubuh, tetapi juga baik untuk lingkungan. Kalau pakai sabun dengan kimia yang keras akan merusak lingkungan," katanya.

Pada saat merintis usaha, Sandra membuat sendiri formulasi sabun organik. Ia meluncurkan produk pertama berupa sabun mandi dan losion tubuh berbahan alami bagi orang dengan kulit sensitif pada tahun 2023.

Serenitree menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, ekstrak sereh, kunyit putih, dan kelor dalam pembuatan produk perawatan tubuh serta menggunakan bahan ramah lingkungan untuk mengemas produk.

"Jadi, penggunaan produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan natural ini baik untuk masyarakat dan juga lingkungan," kata Sandra, yang sudah punya pabrik dengan puluhan karyawan.

Baca juga: Tokopedia dorong peningkatan bisnis ramah lingkungan
Baca juga: Kolaborasi kunci tingkatkan bisnis berkelanjutan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024