Jakarta (ANTARA) - Apple telah lama digadang-gadang bakal menghadirkan iPad Air generasi selanjutnya dalam dua ukurang mengikuti langkah yang juga dilakukan pada iPad Pro.

Kabar terbaru menunjukkan bahwa salah satu dari iPad Air tersebut bakal menggunakan layar dengan teknologi mini LED.

Informasi itu datang dari konsultan rantai pasok Ross Young yang telah dikenal kerap memberikan informasi valid untuk industri gawai.

Baca juga: Ini detail spesifikasi iPad Pro dan iPad Air 2024 yang bocor ke publik

Baca juga: iPad Air hingga MacBook Air baru meluncur Maret atau April


Peralihan ke Mini LED untuk iPad Air 12,9 inci itu dinilai akan memberikan konsumsi daya yang lebih rendah pada saat gawai digunakan.

Teknologi itu juga memungkinkan penggunanya bisa mendapatkan kecerahan yang lebih baik untuk konten HDR, dan warna hitam yang lebih pekat dibandingkan dengan teknologi IPS LCD di dalam iPad Air saat ini.

Potensi hadirnya iPad Air dengan Mini LED itu hadir karena rupanya Apple masih memiliki sisa panel Mini LED yang diproduksi untuk iPad Pro 12,9 inci generasi saat ini.

Di samping itu, penjualan tablet Apple untuk lini iPad Air sedang melesu beberapa tahun terakhir, maka dari itu untuk mendongkraknya dibutuhkan peningkatan pada produk generasi berikutnya.

Maka dari itu sangat masuk akal apabila mereka berencana menggunakan teknologi Mini LED untuk iPad Air.

Besar kemungkinan peningkatan dari sisi layar untuk iPad Air 12.9 inci itu bakal disukai pasar. Selain mendapatkan peningkatan performa di sisi layar, harganya pun tentu lebih ramah di kantong daripada versi iPAd Pro.

Adapun untuk iPad Air 10.9 inci, Ross Young belum menyebutkan informasi apapun mengenai peningkatan layarnya.

Meski demikian, jika melihat polanya maka besar kemungkinan iPad tersebut akan tetap menggunakan panel IPS LCD.

Hal itu dikarenakan tidak ada iPad Pro 10,9 inci yang diproduksi dengan sisa Mini LED. Panel mungkin tersedia apabila Apple beralih ke 11 inci. Demikian dilaporkan GSM Arena, Kamis (18/4).

Baca juga: Apple diprediksi luncurkan iPad Air 12,9 inci di awal 2024

Baca juga: Apple disebut akan luncurkan tiga iPad model baru pekan ini

Baca juga: iPhone SE dan iPad Air baru dites di India



Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024