Pabrik ini sudah kosong dan bekas digunakan sebagai produksi aksesoris kendaraan roda dua,"
Tangerang (ANTARA News) - Pabrik kosong yang sebelumnya menjadi tempat memproduksi aksesoris kendaraan roda dua atau motor di Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten, terbakar.

"Pabrik ini sudah kosong dan bekas digunakan sebagai produksi aksesoris kendaraan roda dua," kata Kapolsek Batu Ceper Kompol Krismi Widodo di Tangerang, Jumat.

Dugaan penyebab kebakaran yakni karena percikan api dari gesekan besi gerinda yang sedang dibersihakan oleh para pekerja.

Gesekan besi yang kemudian memercikan api tersebut, menyambar sisa bahan kimia dan menyambar ke lainnya hingga membuat kebakaran.

Kapolsek mengatakan, kepolian akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi serta pemilih pabrik tersebut untuk penyelidikan.

Walaupun pabrik tersebut sudah tidak beroperasi namun kepolisian tetap memberikan garis polisi karena sedang dalam tahap penyelidikan. "Kita beri garis polisi di lokasi kejadian," ujarnya.

Ditambahkannya, dalam kejadian kebakaran tersebut pun tidak ada korban jiwa. Hanya saja kerugian materi akibat adanya beberapa alat yang terbakar. "Perkiraan sampai puluha juta untuk kerugian," katanya.

Karnadi, saksi di lokasi kejadian mengaku jika besi bekas alat produksi tersebut sedang dipindahkan oleh para pekerja.

Namun, gesekan besi tersebut ternyata menimbulkan percikan api dan menyambar sisa cat di lantai dan membuat kebakaran.

"Ada beberapa pekerja yang sedang membersihkan dan memindahkan alat. Tapi ternyata itu menjadi penyebab kebakaran," ujarnya.

Kebakaran dapat dipadamkan setelah tiga unit armada pemadam kebakaran diterjunkan dan berhasil memadamkan dalam kurun waktu satu jam.(*)

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013