Jakarta (ANTARA News) - Tahun ini Festival Film Indonesia membuat kategori baru untuk nominasi, yaitu film animasi.

Sebanyak 93 judul film animasi pendek diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari Gatot Prakosa, Bambang Gunawan Santoso, Deddy Syamsuddin, Adi Nugroho, dan Rachmat Rizal.

"Ini adalah kategori baru, selama sebulan lima juri menilai 93 film," ujar Gatot sebelum membacakan nominasi di Gedung Film, Jumat. Lima daftar judul film animasi yang diunggulkan adalah, Florist (M Paji Sofiullah), Hebring &� (Marlin Sugama & Dennis Adhiswara), Inspektur Jonni (Mohamad Fajar), Kripik Sukun Mbok Darmi (Heri Kurniawan), Sang Supporter (W Darmawan).

Selain animasi, Festival Film Indonesia 2013 juga menilai beberapa kategori lain dari 53 film bioskop, 75 film televisi, 119 film pendek, 80 film dokumenter pendek, dan 21 film dokumenter panjang.

Arthur S. Natan, ketua dewan juri film dokumenter mengatakan bahwa film- film yang dinilainya sudah mulai mewakili keberagaman tema kehidupan Indonesia.

"Film dokumenter kini bisa diterima di tanah air, tidak hanya sebagai catatan audio visual atau sejarah, tapi bentuk dokumenter bisa hadir jadi ekspresi karya personal," paparnya.

Malam penganugerahan Piala Vidia akan dilangsungkan pada 27 November 2013 di Teater Tanah Air TMII.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013