Saya tidak punya persiapan dan biarkan menggelinding saja,"
Jember (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan santai menanggapi pertanyaan sejumlah wartawan terkait dengan persiapannya sebagai calon presiden dalam konvensi Partai Demokrat.

"Saya tidak punya persiapan dan biarkan menggelinding saja," kata Dahlan santai usai menjadi pembicara dalam dialog interaktif bertema "Enterpreuner Dalam Pengembangan Pangan Alternatif" di Gedung Soetardjo Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, Selasa sore.

Bahkan, mantan Dirut PLN itu beberapa kali mengelak memberikan jawaban kepada pertanyaan mahasiswa yang mengarah pada pencalonannya sebagai Presiden RI pada Pemilu 2014.

Ia tidak banyak berbicara tentang dirinya yang menjadi salah satu peserta konvensi Partai Demokrat dan menegaskan bahwa kedatangannya ke Jember murni sebagai Menteri BUMN. "Saya kesini dalam rangka memenuhi undangan Unej dan bukan untuk itu (konvensi Partai Demokrat)," tuturnya.

Menteri yang biasa mengenakan kemeja putih itu juga tidak menjawab pertanyaan mahasiswa FKG bernama Dio yang menanyakan pemimpin bangsa ideal menurut Dahlan Iskan dan ia menjawab singkat "Saya tidak tahu maksud pertanyaan itu," ucapnya sambil tersenyum.

Dahlan Iskan merupakan satu dari 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Selain Dahlan, terdapat kandidat lain seperti, Pramono Edhie Wibowo, Marzuki Alie, juga Gita Wirjawan.

Calon lainnya adalah Irman Gusman, Anies Baswedan, Sarundajang, Hayono Isman, Endriartono Sutarto, Dino Patti Djalal, dan Ali Masykur Musa.

Dahlan naik kereta api (KA) Mutiara Timur Siang jurusan Surabaya-Banyuwangi dari Surabaya menuju ke Kabupaten Jember dengan membeli tiket eksekutif, namun orang nomor satu di Kementerian BUMN itu lebih banyak berada di kereta kelas bisnis dan menyapa sejumlah penumpang.

Dari Stasiun Jember, Dahlan bersama tujuh orang Kemneterian BUMN menuju ke Gedung Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) untuk melihat sejumlah hasil penelitian unggulan Unej antara lain tepung singkong (mocaf), beras cerdas, varietas tebu transgenik, varietas kedelai Baluran, serta alternatif pangan kedelai.

Menteri BUMN itu juga mencoba mengemudikan mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik Unej yang diberi nama "Sinosi" (Sing Nomor Siji) yang ditemani oleh Rektor Unej M. Hasan untuk menuju Gedung Soetardjo.(*)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013