Depok (ANTARA News) - Sejumlah Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Nakoela Hore berhasil mencetak rekor Indonesia dengan pencapaian satu liter bensin untuk menempuh jarak 1.027 kilometer melalui mobil prototype bensin bernama Keris RV.

"Keris RV berhasil meraih juara dan memecahkan rekor tersebut dalam ajang Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 yang berlangsung pada 14--17 November 2013 di Surabaya," kata Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko di Depok, Jabar, Selasa.

Ia mengatakan selain Nakoela Hore, UI juga mengirimkan tim Arjuna Hore dengan mobil prototype listrik bernama Keris EV. Tim Arjuna Hore berhasil meraih juara pertama dengan pencapaian 252 km/kWh. Pencapaian tersebut meningkat dibandingkan tahun 2012 yaitu 165 km/kWh. Menyusul di peringkat dua untuk kategori prototype Listrik adalah Tim Bumi Siliwangi 3 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan pencapaian 236,9837 Km/kWh.

"Sedangkan pada kategori prototype Bensin, peringkat kedua diraih oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan pencapaian 677,9639 km/L," katanya.

Tim Nakoela Hore terdiri atas 11 mahasiswa Fakultas Teknik UI (FTUI) dan 1 mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI (FIB UI) angkatan 2010. Sedangkan tim Arjuna Hore terdiri atas 9 mahasiswa FTUI, 1 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI (FISIP UI) dan 1 mahasiswa Fakultas Farmasi UI (FFUI).

Farida mengatakan baik tim Nakoela Hore maupun Arjuna Hore tergabung dalam "UI Supermileage Vehicle" yang merupakan sebuah perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI dengan motto "We design, build and race the best vehicles with the best efficiency".

Sementara itu General Manager Tim UI Supermileage Vehicle Muhammad Fikri (Teknik Mesin 2010) yang juga tergabung dalam tim Arjuna Hore mengatakan keunggulan yang ditawarkan tim Nakoela maupun Arjuna Hore ada pada desain mobil yang aerodinamis dan ringan serta teknik pembuatan menggunakan sandwich fiber dengan metode hand lay-up serta mesin dengan kompresi tinggi dan dua busi.

"Para anggota tim melakukan transmisi yang pas serta desain dan struktur vehicle yang presisi dan balance," jelasnya.

UI Supermileage Vehicle juga akan mengirimkan wakilnya untuk kategori prototype bensin dan urban concept gasoline di ajang Shell Eco Marathon Asia 2014 di Filipina pada bulan Februari 2014. UI senantiasa memenuhi tuntutan zaman melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berbasis teknologi demi kemajuan bangsa Indonesia.

Diharapkan melalui mobil karya mahasiswa tersebut dapat menjadi solusi akan kebutuhan transportasi Indonesia yang irit bahan bakar, efisien dan ramah lingkungan.(*)
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013