Austin (ANTARA News) - Pebalap asal Finlandia Heikki Kovalainen merupakan pengganti rekan senegaranya di Lotus Kimi Raikkonen, pada Grand Prix AS akhir pekan ini balap penutup musim di Brazil, kata tim itu pada Kamis.

Diskusi-diskusi yang melibatkan Lotus dan Caterham akhirnya mencapai kesepakatan pada Rabu, sehingga mantan pebalap McLaren itu dapat menggantikan Raikkonen yang kerap dikaitkan dengan Ferrari, lapor AFP.

Mencapai kesepakatan dengan Caterham merupakan langkah yang penting, sebab Kovalainen masih terikat kontrak sampai akhir musim.

Kovalainen telah mengunjungi markas Lotus untuk menyelesaikan persiapan-persiapannya untuk kembali membalap untuk pertama kalinya sejak 2012.

Kesepakatan dengan Kovalainen tercapai setelah upaya tim untuk merekrut dua pebalap Jerman yakni Nico Hulkenberg dari Sauber dan mantan juara Michael Schumacher, yang sekarang sudah pensiun, gagal.

Manajer Schumacher Sabine Kehm berkata kepada surat kabar Jerman Bild, "Ada beberapa permintaan pada masa lalu. Michael akan tetap cukup bugar, namun ia memiliki kehidupan baru. Saya tidak berpikir bahwa tidak umum ketika orang-orang menanyakannya."

"Banyak orang mengubah penilaian mereka mengenai Michael karena penampilan Nico Rosberg belakangan ini dibandingkan dengan Lewis Hamilton."

"Michael berkendara sebaik Nico, sedangkan Nico berkendara sebaik Lewis."


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013