Jakarta (ANTARA News) - Mereka tak segan-segan untuk bermimpi, ingin menaklukkan gunung tertinggi di dunia.

Dibintangi oleh Putri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata, "Sagarmatha" bercerita tentang dua sahabat yang berpetualang ke India dan Himalaya untuk mewujudkan mimpi mereka mendaki Gunung Everest.

Lewat India, mereka bertualang masuk ke perbatasan Nepal. Sepanjang perjalanan, mereka menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seputar hidup dan kematian, kedewasaan, cinta dan harapan.

Sinema ini juga mengajak penonton untuk melihat bagaimana mengejar mimpi dengan melawan tantangan yang ada.

Tapi, saat impian itu mulai terlihat pucuknya, semua tersadar bahwa itu bukan impian yang diinginkan.

Demikianlah sepenggal sinopsis film "Sagarmatha", sebuah kata yang dipakai oleh masyarakat asli Nepal untuk menyebut puncak Gunung Everest yang artinya sendiri "Head of The Sky".

Memang tidak ada hambatan yang berarti dalam perjalanan mereka. Tak disangka, hambatan itu justru datang dari diri mereka masing-masing.

Pertentangan muncul satu per satu ketika mereka akhirnya mulai menapaki Himalaya.

Shila yang terganggu dengan Kirana yang semakin ambisius, sementara Kirana pun merasa sahabatnya itu mulai menyimpan rahasia.

Puncak gunung tertinggi sudah di depan mata. Selangkah lagi impian mereka tercapai. Tapi, mampukah mereka mewujudkan mimpi itu walau tinggal selangkah? Atau, masihkah mimpi itu mereka impikan?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab pada 28 November mendatang saat film mulai beredar di bioskop-bioskop.

Tak hanya cerita penuh tantangan yang ada film, kisah dibalik pembuatannya juga menarik untuk disimak. Mulai dari kru yang terkena badai selama seminggu, persediaan makanan dan minuman yang terbatas, hingga membakar jins karena tidak adanya kayu kering untuk membuat api unggun.

Nadine mengisahkan, meskipun penuh tantangan dan ketebatasan, termasuk keterbatasan dana, keinginan dan kreatifitas para kru untuk menyelesaikan film ini tetap kuat.

Tanpa sponsor, hanya bermodalkan pertemanan dan semangat, akhirnya film besutan Emil Heradi yang dipersiapkan sejak 2009 ini dapat dinikmati pecinta film tanah air.

Hal ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa siapa pun, walau penuh keterbatasan, tetap bisa berkarya.

Catatan produksi

Genre: Drama / Travel / Roadtrip
Durasi: 98 menit
Tanggal tayang: 28 November2013

Sutradara: Emil Heradi
Penulis: Damas Cendekia
Pemain: Nadine Chandrawinata, Ranggaini Puspandya

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013