Paris (ANTARA News) - Renault-Nissan dan perusahaan asal Jepang, Mitsubishi, sepakat akan berbagi produksi kendaraan, teknologi dan kapasitas pabrik guna menyoroti pengembangan mobil listrik.

Sebuah pernyataan dalam kesepakatan tersebut mengatakan: "Sebagai konsekuensi, telah disepakati bahwa kerjasama strategis antara Nissan dan Mitsubishi Motors bisa diperluas ke seluruh perusahaan Renault-Nissan Alliance."

Mitsubishi sejak tahun 2003 telah bekerja sama di Asia dengan perusahaan asal Jepang Nissan namun mereka juga tertarik untuk memperluas kesepakatan dengan PSA.

Pada tahun 2011, kedua pihak menciptakan sebuah perusahaan bersama yang disebut NMKV (Nissan-Mitsubishi Kei Vehicle) untuk mengembangkan "Kei Cars", mobil kecil yang sangat populer di Jepang .

Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation (MFTBC) dan Nissan Motors juga menandatangani perjanjian untuk truk berbobot ringan di Jepang.

Pernyataan itu mengatakan bahwa di bawah kesepakatan baru antara Renault-Nissan dan Mitsubishi, "diharapkan bahwa perusahaan bersama NMKV akan diperluas untuk bekerja sama mengembangkan segmen baru mobil kecil versi listrik yang dapat dijual secara global."

"Dasar untuk produk ini akan berasal dari pengembangan perusahaan bersama "Kei Cars" platform populer di pasar domestik Jepang." kata pernyataan itu.

Kedua kelompok juga menemtukan, "untuk berbagi teknologi dan aset produk yang berhubungan dengan kendaraan listrik dan platform generasi terbaru," kata pernyataan tersebut.

Seperti dilaporkan AFP,  juru bicara mengatakan bahwa negosiasi saat ini sedang berjalan dan kedua pihak akan mengembangkan dua mobil sedan berdasarkan model Renault namun akan dijual dengan nama Mitsubishi.

Untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada, mobil mungkin akan dirakit di pabrik Renault-Samsung di Busan, Korea Selatan.

"Nissan dan Mitsubishi Motors bersama-sama telah diuntungkan dari beberapa kerjasama di masa lalu dan yang terbaru adalah kesuksesan usaha bersama "Kei Cars" di Jepang." kata Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan Alliance.

Presiden Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko mengatakan, "Mitsubishi Motors senang bekerja sama lagi dengan Nissan dan Renault, sekarang sedang menuju kolaborasi yang lebih lanjut."

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2013