Solo (ANTARA) - Direktur Utama PT Jasa Marga  Jogja Solo Rudy Hardiansyah mengatasnamakan akan bekerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan layanan BBM mobile di jalan Tol Solo-Yogyakarta selama periode libur Lebaran 2024.

“Jadi nanti ada tim yang mobile untuk penyaluran BBM,” ujar Rudy saat mengecek kesiapan jalan Tol Solo-Yogya, Selasa.

Layanan ini bertujuan untuk membantu para pengendara yang kehabisan bahan bakar di jalan tol tersebut.

Selain itu, ia mengatakan Jasa Marga juga akan mendirikan toilet portabel di KM13 jalan Tol Solo-Yogya, serta posko mudik di sejumlah titik di sepanjang ruas jalan tol yang difungsikan.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta siap dibuka kembali secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Baca juga: Jalan Tol Solo-Yogya siap dibuka lagi selama libur Lebaran 2024

Rudy mengatakan jalan Tol Solo-Yogya sepanjang 22 km ruas Kartasura—Ngawen Klaten itu akan mulai beroperasi pada 5-15 April pukul 06.00–17.00 WIB.

Selama libur Lebaran nanti, jalan tol Solo-Yogya hanya akan berfungsi satu arah saja. Pada periode 5-11 April 2024 untuk dari yang arah Solo menuju Yogya. Kemudian, pada 12-15 April 2024 untuk dari Yogyakarta menuju Solo.

Kendaraan yang bisa melintas ruas jalan tol ini hanya tipe kendaraan roda empat golongan 1 atau non bus.

Mengingat jalan tol ini masih dalam proses pembangunan maka kecepatan kendaraan juga dibatasi maksimal 40km/jam.

Ruas Kartasura-Ngawen Klaten merupakan bagian dari pembangunan Tahap 1 jalan Tol Solo-Yogyakarta, yang menghubungkan Solo—Klaten—Purwomartani sepanjang 42,3 km.

Menurut Rudy, waktu tempuh melalui jalan tol fungsional Solo-Yogya dari Kartasura menuju Klaten bisa dipersingkat hingga 25 menit dibandingkan dengan melewati jalan nasional Yogya-Solo yang memerlukan waktu sekitar 50 menit.

Kementerian Perhubungan sebelumnya memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang. Sedangkan perkiraan puncak arus balik adalah H+3 yakni Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang.

Baca juga: Pekerjaan Tol Bawen-Yogyakarta disetop sementara pada H-10 Lebaran

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024