Jakarta (ANTARA) - Informasi penemuan jenazah korban bencana longsor dan banjir bandang di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menyita banyak perhatian pembaca pada kanal humaniora Antaranews.com sepanjang Kamis kemarin (27/3).
 
Bencana alam itu telah mengakibatkan sebanyak 400-an jiwa mengungsi ke posko darurat dan ke rumah kerabat yang lebih aman.
 
Berita kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus ferien job atau mahasiswa magang ke Jerman masih terus bergulir. Pemerintah sedang mengkaji pemberian sanksi terhadap 33 kampus yang terlibat kasus tersebut.
 
Universitas Negeri Jambi berkomitmen memberikan pendampingan kepada para mahasiswanya yang menjadi korban TPPO di Jerman. Pihak kampus menegaskan penghentian kerja sama dengan penyelenggara program.
 
Berikut berita-berita humaniora terpopuler selengkapnya:
 
 
Korban meninggal banjir Bandung Barat bertambah jadi empat orang
 
Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) melaporkan telah menemukan satu lagi korban meninggal akibat banjir disertai longsor di Gintung, Cipongkor, sehingga total korban jiwa dalam bencana di Bandung Barat, Jawa Barat itu menjadi empat orang.
 
Jasad korban tersebut ditemukan tim SAR gabungan tertimbun material banjir dan longsor pada area yang sama dengan tempat penemuan untuk tiga jasad korban lain sebelumnya, yakni di sektor A.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Kemendikbudristek kaji sanksi 33 kampus terlibat TPPO magang ke Jerman
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sedang mengkaji pemberian sanksi terhadap 33 perguruan tinggi yang terlibat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus program magang untuk mahasiswa ke Jerman atau ferien job.
 
Program ferien job sendiri tidak memenuhi kriteria yang dapat dikategorikan dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan telah diperjelas sejak 27 Oktober 2023 melalui Surat Edaran Dirjen Diktiristek.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Kemendikbudristek tetapkan Kurikulum Merdeka jadi kurikulum nasional
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menetapkan Kurikulum Merdeka menjadi kurikulum nasional melalui penerbitan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
Guru besar terlibat TPPO magang ke Jerman, ini komentar rektor Unja
 
Universitas Jambi siap memberikan pendampingan bagi mahasiswa terkait kasus magang di Jerman yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).
 
Rektor Universitas Jambi memastikan Unja tidak melanjutkan perjanjian kerja sama antara Universitas Jambi dan PT SHB selaku penyelenggara program.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
 
MUI ajak dai edukasi umat jangan bangunkan sahur dengan pengeras suara
 
Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi memandang cara membangunkan sahur dengan memainkan alat musik yang berisik sudah tidak tepat lagi dan sudah saatnya ditertibkan.
 
"Sekarang, hampir setiap orang sudah punya alat pengingat waktu atau alarm untuk membangunkan orang tidur. Apakah alarm itu dari jam atau pun handphone," ujarnya.
 
Baca berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024