Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG wilayah 1 Medan Lestari Irene Purba, Rabu, mengatakan dalam beberapa hari ke depan sejumlah wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, terutama di wilayah Pantai Barat, Lereng Timur, dan pegunungan.

Kondisi tersebut harus diwaspadai karena hujan lebat yang terjadi disertai petir dan angin kencang sehingga berpotensi menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya.

Baca juga: Sebagian wilayah Indonesia masih berpotensi hujan lebat

Secara umum cuaca dalam dua hari ke depan, kata dia, pada pagi hari rata-rata berawan di wilayah Sumut. Sementara Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah provinsi itu.

​​​​​​Hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, dan sekitarnya.

Malam hari, kata dia, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16 sampai 34.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari timur laut - timur berkecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah RI alami cuaca ekstrem, 9 Siaga-Waspada

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024