Seoul (ANTARA) - Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan mengatakan pihaknya telah sepakat dengan Malaysia untuk melanjutkan perundingan perjanjian perdagangan bebas (FTA) bilateral yang telah mandek sejak 2019.

Menteri Perdagangan Cheong In-kyo dan Menteri Perdagangan Malaysia, Tengku Zafrul Aziz, menyampaikan pengumuman tersebut dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Korea Selatan dan Malaysia juga sepakat untuk memperluas cakupan perjanjian perdagangan bebas bilateral yang diharapkan mencakup bidang-bidang baru, seperti jasa, investasi, digital dan bioteknologi,” kata Kementerian Perdagangan Korea Selatan di Seoul, Selasa.

Sebelumnya kedua negara sepakat untuk mengupayakan FTA bilateral pada tahun 2019 tetapi negosiasi terkait terhenti setelah mengadakan tiga putaran pembicaraan pada tahun itu. Malaysia merupakan mitra dagang terbesar ketiga bagi Korea Selatan di Asia Tenggara.

Korea Selatan sudah memiliki FTA dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), namun negara tersebut berupaya memperluas hubungan ekonomi dengan masing-masing anggota melalui perjanjian perdagangan bebas terpisah.

“Karena kedua negara memiliki portofolio perdagangan yang saling menguntungkan, FTA akan secara signifikan memperkuat landasan perdagangan dan investasi Korea Selatan di blok ASEAN,” ucap kementerian tersebut.

Di sela-sela pertemuan, kedua negara sepakat untuk meluncurkan saluran dialog baru antara menteri perdagangan yang bertujuan untuk mendorong kerja sama ekonomi bilateral dan mengupayakan hubungan yang lebih kuat dalam rantai pasokan dan industri-industri baru.

Sumber : Yonhap

Baca juga: Indonesia catat kemajuan perundingan dagang IEAEU-FTA
Baca juga: Australia dan UE gagal capai kemajuan dalam negosiasi FTA


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024