Jakarta (ANTARA) - Putra Mahkota Arab Saudi Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al-Saud telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) Republik Indonesia.

Dalam pesannya melalui keterangan resmi Kedutaan Besar Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Kamis, diketahui Putra Mahkota yang juga Perdana Menteri Arab Saudi tersebut itu diketahui pesan tersebut berisi ucapan selamat yang setulus-tulusnya kepada Prabowo Subianto, semoga sukses dan masyarakat Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Senada, Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Republik Indonesia.

Tak jauh berbeda dengan pesan Putar Mahkota, Penjaga Dua Masjid Suci menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden RI terpilih Prabowo Subianto yang diiringi harapan agar sukses dan masyarakat sahabat Indonesia semakin maju dan sejahtera.

Penjaga Dua Masjid Suci turut memuji hubungan baik antara kedua negara dan masyarakat yang bersahabat di mana keduanya berupaya untuk memperkuat dan mengembangkan hubungan di segala bidang.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.

Total surat suara sah berjumlah 164.227.475 suara. Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi, sedangkan Anies-Muhaimin meraih perolehan suara terbesar di dua provinsi. Sementara itu, Ganjar-Mahfud tidak memenangi satu pun provinsi.

Pelantikan pasangan calon terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI dijadwalkan pada tanggal 20 Oktober 2024. Sebelumnya, 1 Oktober 2024, diagendakan pelantikan calon terpilih anggota DPR RI dan DPD RI.

Baca juga: PBNU sampaikan selamat ke Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Baca juga: Presiden Swiss ucapkan selamat ke Prabowo sebagai presiden terpilih
Baca juga: Menlu AS Blinken ucapkan selamat kepada Prabowo


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024