Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau fasilitas kesehatan serta layanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekadau, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis sebagai bagian dari hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi sempat berdialog dan menyapa masyarakat yang sedang berobat di RSUD tersebut. Salah satunya, Ika, peserta BPJS Kesehatan yang sedang melakukan perawatan gigi.  

"Saya sangat bersyukur dengan adanya BPJS, saya bisa perawatan gigi di sini biarpun itu tapi harganya lebih terjangkau. Pelayanannya sangat ramah dari meja pendaftaran hingga ke dokter giginya," kata Ika, dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Kamis.  

Menurut Ika, biaya perawatan gigi yang dijamin dengan BPJS Kesehatan menjadi lebih terjangkau, namun pelayanan yang diberikan tetap baik.

Sementara itu, warga lainnya, Aulia, mengapresiasi kualitas dokter spesialis yang ada di RSUD Sekadau.  

Meski demikian, Aulia berharap kuantitas dokter spesialis di RSUD lebih ditingkatkan lagi, misalnya dokter spesialis mata.

"Saya contoh kemarin ke penyakit dalam ini lumayan sudah bagus. Di sini tidak ada dokter spesialis mata karena saya ada rujukan ke dokter mata, ada penyakit mata, mau tidak mau harus ke (Kabupaten) Sanggau. Saya harap mungkin ke depannya daerah sini bisa buka untuk spesialis-spesialis itu lah ya," kata Aulia.  

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Kalimantan Barat Harisson, serta Bupati Sekadau Aron.

Sebelumnya pada hari yang sama, Presiden Jokowi dan jajaran juga meninjau layanan kesehatan di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.  

Baca juga: Kunjungan perdana Presiden Jokowi ke Sekadau disambut antusias warga

Baca juga: Presiden sebut harga pangan di Kalimantan sama dengan di Jawa

Baca juga: Presiden apresiasi manajemen layanan kesehatan RSUD Pontianak cepat

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024