Tangerang (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Banten, akan menambahkan lintasan road race beraspal di Sirkuit Selapajang Neglasari karena memiliki potensi besar untuk pengembangan olah raga balap motor.

"Sirkuit Selapajang dinilai mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi salah satu fasilitas olah raga, khususnya balap motor, terbaik di Tangerang Raya dan sekitarnya," kata Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya penambahan lintasan maka Sirkuit Selapajang mampu digunakan untuk berbagai jenis olah raga balap motor, seperti motocross, road race, drag bike, speed way, sampai motor tril.

“Kami telah merencanakan melakukan upgraiding fasilitas olah raga, salah satunya Sirkuit Selapajang. Kemarin kami telah melakukan peninjauan, selanjutnya akan diteruskan ke tahap pengkajian lebih lanjut dan seterusnya,” ujar Kaonang.

Baca juga: Grand final LFN HP969 Road Race siap bergulir pada akhir 2023

Ia mengungkapkan Sirkuit Selapajang selama ini telah terbukti berhasil menyelenggarakan kompetisi balap motor (motocross) mulai dari tingkat daerah, regional, sampai nasional.

Oleh karena itu, kata dia, rencana penambahan fasilitas tersebut juga dinilai menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan potensi sport tourism, sportainment, dan sport industry di Kota Tangerang.

“Tidak hanya itu rencana penambahan fasilitas road race beraspal di Sirkuit Selapajang agar mampu dimanfaatkan menjadi potensi peningkatan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat kompetisi balap motor yang lebih besar dan beragam,” ujarnya.

Selain itu rencana penambahan fasilitas tersebut, kata dia, diharapkan mampu membangkitkan gairah olah raga, menghidupkan kompetisi, serta mencetak atlet berprestasi, khususnya di cabang olah raga (cabor) balap motor di Kota Tangerang.

"Rencana penambahan fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan bakat anak-anak muda di ajang dan tempat yang tepat, bukan balapan liar yang mengganggu ketertiban umum," katanya.

Baca juga: Polisi bubarkan balap liar, amankan 120 motor di Lampung Selatan
 
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024