- CDB Leasing Co., Ltd. diidentifikasi sebagai pembeli yang sebelumnya tidak diungkapkan untuk 15 pesawat terbang CSeries; perjanjian juga meliputi opsi untuk 15 pesawat terbang CSeries tambahan

- Pengumuman dilakukan selama kunjungan Yang Mulia the Right Honourable David Johnston, Gubernur Jenderal Kanada dengan Yang Mulia Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat Cina

BEIJING, 22 Oktober 2013 - (ANTARA) - Bombardier Aerospace hari ini mengumumkan CDB Leasing Co., Ltd. (CLC), salah satu perusahaan leasing teratas di Cina, adalah pembeli yang tidak diungkapkan dalam pengumuman sebelumnya, yang menandatangani perjanjian pembelian kondisional untuk lima pesawat jet CS100 dan 10 CS300. Perjanjian pembelian ini juga meliputi opsi untuk lima pesawat terbang CS100 dan 10 CS300 tambahan, sehingga jumlah totalnya adalah 30 pesawat CSeries. Perjanjian ini awalnya diumumkan sebagai pesanan kondisional dari pembeli yang tidak diungkapkan untuk lima pesawat jet CS100 dan 10 CS300 pada tanggal 8 Juli 2012.

Pengumuman tersebut dilakukan hari ini di Beijing, di hadapan Yang Mulia Xi Jinping, Presiden Republik Rakyat Cina; Yang Mulia the Right Honourable David Johnston, Gubernur Jenderal Kanada; yang Terhormat John Baird, Menteri Luar Negeri Kanada; Yang Terhormat Joe Oliver, Menteri Sumber Daya Alam Kanada; Wang Chong, Ketua, CLC; Mike Arcamone, Presiden, Bombardier Commercial Aircraft; dan Andy Solem, Wakil Presiden, Penjualan, Cina dan Asia Utara, Bombardier Commercial Aircraft.

"Pengumuman ini, disaksikan oleh tingkatan tertinggi kedua pemerintahan, mencerminkan dengan sangat baik kerja sama antara Bombardier dan Cina dalam sektor kedirgantaraan, dan juga dalam hubungan ekonomi secara keseluruhan antara Kanada dan Cina," kata Menteri Baird.

Sebagaimana yang sebelumnya diumumkan oleh Bombardier, berdasarkan harga daftar pesawat terbang CS100 dan CS300, kontrak tersebut diperkirakan memiliki nilai sebesar $1,02 miliar AS. Apabila keseluruhan dari 15 opsi jadi dilaksanakan, nilai kontrak itu akan naik menjadi $2,07 miliar AS.

"Dengan mengingat harga bahan bakar yang terus-menerus tinggi saat ini dan semakin meningkatnya kekhawatiran akan persoalan lingkungan, pesawat terbang tua dan kurang efisien menjadi salah satu tantangan terbesar bagi maskapai penerbangan," kata Mr. Wang. "Setelah melakukan analisis mendalam atas pesawat terbang yang sudah ada dan sudah dipasangi mesin ulang, keluarga pesawat terbang CSeries, dengan nilai ekonomisnya yang tidak tertandingi, teknologinya yang maju, fleksibilitas pengoperasiannya yang luar biasa, dan juga kinerjanya yang luar biasa tampaknya merupakan pilihan yang tidak salah lagi dan menunjukkan potensi besar bagi operator di Cina dan di luar negeri."

"Kami puas dengan perjanjian bersejarah antara CLC dan Bombardier ini, karena perjanjian ini tidak hanya menandai pembeli pertama dari Cina yang memilih pesawat CSeries, tetapi juga menunjukkan fleksibilitas yang dimasukkan ke dalam desain pesawat terbang pembawa perubahan ini, sebagaimana dibutuhkan oleh beraneka ragam pelanggan kami," kata Mr. Arcamone. "Dengan pesawat terbang ini belum lama ini menyelesaikan penerbangan perdana historisnya, momentum minat yang mendunia akan program pesawat terbang CSeries terus bertumbuh dan kami puas bahwa ternyata ada lagi perusahaan leasing terdepan lain yang meletakkan kepercayaannya kepada pesawat CSeries," tambahnya.

"Dengan kinerja dan fleksibilitas kabinnya yang luar biasa, dan juga jangkauan transkontinental serta kinerja lapangannya yang unggul, pesawat terbang CSeries dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan ekspansi armada operator Cina, dan merupakan pelengkap yang ideal bagi produk domestik Cina," ungkap Mr. Solem.


Pesawat terbang CSeries

Dirancang untuk pasar pesawat dengan 100 sampai 149 kursi yang terus bertumbuh, 100 persen keluarga pesawat CSeries menggabungkan material tingkat tinggi, teknologi tercanggih, dan metode yang telah terbukti untuk memenuhi kebutuhan maskapai penerbangan komersial. Ditenagai dengan mesin Pratt & Whitney PurePower PW1500G, keluarga pesawat CSeries akan menawarkan keunggulan biaya pengoperasian tunai sebesar 15(i) persen dan keunggulan pembakaran bahan bakar sebesar 20(i) persen. Dengan pilihan ekstra kapasitas tempat duduk, produktivitas pesawat terbang CS300 meningkat lebih tinggi lagi, sehingga menawarkan keunggulan biaya pengoperasian tunai tambahan sebesar empat(i) persen per tempat duduk bagi maskapai penerbangan. Desain clean-sheet (didesain mulai dari lembaran kosong) pesawat CSeries memastikan bahwa pesawat ini akan memiliki kebisingan dan emisi yang sangat terkurangi, dan juga fleksibilitas pengoperasian yang unggul, kinerja lapangan yang luar biasa, dan jangkauan sejauh 2.950 NM (5.463 km)(i). Pesawat terbang CSeries akan memiliki berat hingga 12.000 lbs (5.443 kg)(i) lebih ringan daripada pesawat lain dalam kategori tempat duduk yang sama dan akan menyediakan lingkungan kabin badan lebar yang terbaik di kelasnya bagi penumpang, dalam pesawat dengan lorong tunggal.

Pada hari ini, Bombardier telah membukukan pesanan dan komitmen untuk 403 pesawat CSeries, yang meliputi pesanan pasti (firm order) untuk 177 pesawat CSeries. Sejumlah sekitar 15 pembeli dan penyewa (lessee) telah bergabung dalam program pesawat terbang CSeries.


Tentang Bombardier

Bombardier adalah satu-satunya pabrik pembuat pesawat terbang dan sekaligus kereta api di dunia. Memandang jauh ke depan sementara membuat produk pada saat ini, Bombardier mengevolusi mobilitas di seluruh dunia dengan menjawab kebutuhan akan transportasi yang lebih efisien, berkelestarian, dan menyenangkan di mana pun. Kendaraan, pelayanan, dan yang terutama, karyawan kami adalah yang membuat kami menjadi pemimpin global dalam bidang transportasi.

Bombardier berkantor pusat di Montreal, Kanada. Saham kami diperdagangkan di Toronto Stock Exchange (BBD) dan kami terdaftar pada Indeks Dow Jones Sustainability World and North America. Dalam tahun fiskal yang berakhir tanggal 31 Desember 2012, kami membukukan penghasilan sebesar $16,8 miliar. Berita dan informasi tersedia di bombardier.com atau ikuti kami di Twitter @Bombardier.

Catatan untuk editor

Gambar dan video pesawat CSeries tersedia di CSeries Hub di www.cseries.com.

Ikuti @Bombardier_Aero di Twitter untuk mendapatkan berita terkini dan pembaruan informasi dari Bombardier Aerospace.

(i) Pesawat terbang CSeries tengah berada dalam fase pengembangan. Semua data dan spesifikasi merupakan perkiraan, dapat mengalami perubahan dalam strategi keluarga produk, branding, kapasitas, dan kinerja selama proses pengembangan, manufaktur, dan sertifikasi. Semua rujukan kinerja telah diperkirakan berdasarkan lingkungan pengoperasian Amerika Utara 50-nm, dan perbandingan dilakukan dengan pesawat yang tengah dalam produksi.

PurePower (R) adalah merek dagang terdaftar United Technologies Corp. - Pratt & Whitney.

Bombardier, CS100, CS300, CSeries, dan The Evolution of Mobility adalah merek dagang dari Bombardier Inc. atau anak perusahaannya.

INFORMASI KONTAK
Kontak:
Marc Duchesne
Bombardier Commercial Aircraft
+1-416-375-3030
marc.duchesne@aero.bombardier.com

Genevieve Roy-Theriault
Bombardier Commercial Aircraft, ASIA
+86-21-5172-8334
genevieve.roy-theriault@aero.bombardier.com
www.bombardier.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013