Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) melaporkan atlet balap sepeda Indonesia Bernard Van Aert berpeluang besar lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah tampil gemilang pada nomor omnium UCI Track Nations Cup 2024 Hongkong.

"Bernard Van Aert berpeluang besar lolos ke Paris setelah finis di urutan 17 nomor omnium UCI Track Nations Cup 2024 Hongkong akan mendapatkan tambahan 192 poin," kata Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Oktohari yang juga mendapat amanah menjadi Ketua Task Force Olimpiade Paris 2024 mengawal dan memastikan proses kualifikasi para atlet termasuk pembalap sepeda Bernard Van Aert.

Ia menjelaskan, Bernard masih memiliki peluang besar untuk ikut dalam Olimpiade Paris 2024 karena masih ada kejuaraan yang diikuti untuk menambah poin yaitu UCI Track Nation Cup 2024 Kanada.

Oktohari menambahkan, KOI melihat aspek menyeluruh dari segala penjuru terkait persiapan demi persiapan atlet menuju Paris 2024. Penampilan Bernard Van Aert, kata dia, hanya dari satu cabang olahraga yang memiliki potensi ke Olimpaide Paris 2024.

"Masih ada banyak cabor lain yang punya potensi dan berupaya mendapatkan tiket ke Paris 2024," pungkasnya.

Baca juga: Bernard Van Aert siap buru poin Olimpiade di Kejuaraan Dunia Glasgow

Kepala Pelatih Tim Balap Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo menyampaikan rasa bersyukur atas hasil yang diraih Bernard di Hongkong kali ini. Pembalap 26 tahun kelahiran Singkawang itu, kata dia, sudah mengeluarkan penampilan terbaiknya.

"Buat Bernard, penampilannya hari ini terbaik di sepanjang dia berkarier di sepeda dan memang kecepatannya luar biasa," ujarnya.

Dadang mengatakan, pada kejuaraan tersebut, semua peserta Olimpiade hadir sehingga semua pembalap bersaing memacu kecepatan dan kualitas, termasuk Bernard yang maksimal dari awal sampai akhir.

Tambahan poin yang diraih Bernard, dapat membuat peringkatnya di Road to Paris 2024 naik ke urutan 17 dari total 22 pembalap yang akan lolos.

"Jadi ada 22 atlet yang akan lolos ke Paris 2024, Bernard masih punya peluang cukup besar karena masih ada 4 pembalap di bawah yang harus tetap diantisipasi," ujarnya.

Dadang menambahkan, pada 2024 ini, Nation Cup digelar sebanyak 3 seri dan pembalap yang tampil akan berusaha mengumpulkan poin sebanyak mungkin sehingga harus diantisipasi Bernard.

Baca juga: Pebalap sepeda Feri Yudoyono berlatih di Swiss demi Olimpiade Paris
Baca juga: Para balap sepeda Indonesia amankan tiga emas di Kejuaraan Asia

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024