Phillip Island, Australia (ANTARA News) - Pebalap muda asal Spanyol Marc Marquez dapat memastikan menjadi juara dunia MotoGP sekaligus menjadi yang termuda menjadi juara dunia dalam 35 tahun jika sukses di sirkuit Phillip Island, Australia, pekan ini.

Pebalap tim Repsol Honda akan kian mendekati juara pada debutnya jika mengalahkan pebalap Yamaha Factory Racing Jorge Lorenzo dengan selisih 50 poin untuk memasuki dua balapan setelahnya di Jepang dan Spanyol.

Pebalap berusia 20 tahun itu kini memimpin 43 poin menjelang balapan Australia hari Minggu nanti, dan jika dia menjuarai sirkuit ini yang otomatis meraih 25 poin akan membuatnya juara dunia, andai Lorenzo tak bisa finis di urutan dua.

Jika itu terjadi maka Marquez akan menjadi pendatang baru pertama yang menjadi juara dunia sejak pebapal Amerika  Kenny Roberts melakukannya pada 1978.

Juara lima kali kelas utama dari Australia Mick Doohan mengatakan mahkota juara dunia sudah pasti menjadi milik Marquez.

"Saya akan mencoba berkonsentrasi pekan ini, mencoba fokus dan kemudian kita akan melihat hari Minggu apakah saya bisa berjuang untuk menang, untuk podium, atau memperoleh poin bagi kejuaraan," kata Marquez.

Lorenzo yang menjadi juara dunia saat ini belum menjuarai sirkuit Phillip Island namun pernah menjuarai sirkuit 250cc di Australia pada 2006 dan 2007, dan memastikan menjadi juara dunia di Australia tahun lalu, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013