Jakarta (ANTARA) - Tim kantor pencarian dan pertolongan (SAR) Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu, berhasil menemukan satu dari 22 orang kru Kapal Motor (KM) Dewi Jaya II yang hilang di Perairan Kepulauan Selayar.   

“Satu orang kru kapal ditemukan selamat itu bernama Amat Subechan,” kata Kepala Kantor SAR Makassar Mexianus Bekabel dalam laporan yang diterima di Jakarta.

Ia menyebutkan, korban Amat ditemukan dalam kondisi selamat terdampar di Pulau Desa Jinato pada pukul 11.30 Wita.  

Saat ini korban tersebut sudah dievakuasi oleh tim petugas ke Puskesmas Desa Jinato untuk menjalani perawatan bersama dengan 13 orang rekannya yang lain.  

Selain mendapatkan perawatan, ia memastikan, para korban selamat itu juga mendapat pendampingan dan pendataan diri dari petugas Pos SAR Selayar bersama TNI AL dan Kepolisian Sektor Taka Bonerate.  

“Untuk korban hilang lain yang belum ditemukan masih dalam pencarian,” ujarnya.  

Sebelumnya, tim Basarnas melaporkan KM Dewi Jaya II merupakan kapal penangkap ikan yang mengangkut sebanyak 35 orang kru kapal.

Kapal tersebut berangkat berlayar dari Penjaringan, Jakarta Utara dengan tujuan perairan Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (3/3) pagi.

Namun, di tengah pelayaran atau tepatnya Sabtu (9/3) dini hari terjadi gelombang tinggi sehingga mengakibatkan kapal terbalik, diduga masuk daerah Perairan Kepulauan Selayar.

Peristiwa tragis tersebut baru diketahui setelah para nelayan melaporkan ke petugas piket Basarnas mereka menemukan sebanyak 13 orang terdampar di perairan Selasa (12/3) pagi di mana 11 orang di antaranya selamat dan dua lainnya ditemukan meninggal dunia di Pulau Jampea, dan Pulau Kayuadi Taka Bonerate.

Baca juga: Tim SAR mulai cari 22 kru kapal yang tenggelam di Selayar Sulsel

Baca juga: Basarnas evakuasi tiga penumpang kapal mati mesin di Buton Selatan

Baca juga: Basarnas evakuasi dua nelayan di Perairan Selayar

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024