Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Farhan Hamid mengatakan makna berkurban dalam Hari Raya Haji untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus melatih jiwa sosial untuk menjauhkan diri dari sifat tamak.

"Allah memerintahkan umat-Nya melakukan kurban dan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu, guna meningkatkan keimanan sekaligus jiwa dermawan," kata Ahmad Farhan Hamid saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban di halaman Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta, Rabu.

Para pimpinan di DPP PAN menyembelih 12 ekor sapi pada perayaan Iduladha 1434 Hijriah.

Menurut Farhan Hamid, keikhlasan umat Islam diuji, antara lain untuk berkurban pada Hari Raya Haji.

"Berkurban tidak akan memengaruhi ekonomi, Allah akan memberi gantinya," kata Farhan Hamid.

Pada kesempatan tersebut, politikus PAN Farhan Hamid juga menyampaikan imbauan kepada para kader PAN untuk terus menjaga tali silaturahmi dengan berbagai komponen bangsa, saling bahu-membahu, dan membantu masyarakat miskin.

Menurut dia, berkurban merupakan simbol dari pengorbanan yang tulus atas ketaatan pada perintah Allah, serta sebagai bentuk kesalehan sosial.

Kesalehan sosial ini, kata dia, tidak hanya dilakukan pada saat Iduladha saja, tetapi juga harus terus dilakukan dan diimplementasikan dalam kehidupan nyata, setiap hari.

Penyembelihan hewan kurban, menurut dia, juga sebagai simbol mematikan sikap mementingkan diri sendiri dan kelompoknya, mengubur sikap tamak dan rakus yang berujung pada kerusakan alam dan korupsi, lalu menggantinya dengan pengorbanan untuk menghormati serta memuliakan sesama manusia.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban DPP PAN Hajah Syamsidar Siregar menjelaskan, pada Hari Raya Haji tahun ini, DPP PAN menyembelih sebanyak 12 ekor sapi dari sejumlah pimpinan PAN serta menyembelih ratusan hewan kurban yang diselenggarakan oleh DPD dan DPC PAN di seluruh Indonesia.

Menurut dia, hewan kurban yang disembelih di Kantor DPP PAN, Jakarta, dagingnya akan disalurkan kepada masyarakat miskin yang membutuhkan, terutama yang belum mendapat daging kurban, serta masyarakat korban banjir dan kebakaran yang berada di pengungsian.

Syamsidar mengatakan bahwa penyembelihan hewan kurban di Kantor DPP PAN pada tahun ini sudah memasuki tahun keempat dan akan terus dilakukan secara rutin setiap tahun.
(R024/D007)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013