Jika tidak berdampak ke masyarakat tentunya anggaran Rp6,3 miliar bisa dialihkan ke kebutuhan lain
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPRD DKI Dwi Rio Sambodo mewajibkan seluruh sepeda motor patroli dan pengawalan (patwal) bertenaga listrik milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjalani pemeliharaan rutin.

"Dinas Perhubungan DKI harus mengedepankan pemeliharaan kendaraan motor yang saat ini sudah ada," kata Rio kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Rio mempertanyakan urgensi adanya pengadaan lima motor patwal listrik dengan anggaran yang memakan Rp6,3 miliar tersebut.

Menurut dia apakah pengadaan ini lantaran kekurangan unit atau kah karena unit sebelumnya mengalami disfungsi penggunaan sehingga bisa saja disebabkan faktor buruknya perawatan.

Maka dari itu, dia mengingatkan Dinas Perhubungan DKI untuk berhati-hati dalam melakukan perawatan pada motor dengan anggaran besar itu agar kondisinya selalu terjaga.

"Anggaran besar untuk pembiayaan motor besar Dishub DKI bertenaga listrik harus hati-hati dan sensitif terhadap kondisi umum masyarakat saat ini," tambahnya.

Terlebih, menurut dia, motor listrik itu diperuntukkan untuk pengawalan VVIP yang secara fungsi mendasar terbilang jauh dari kebutuhan nyata maupun dampak langsung bagi masyarakat.

Meskipun, lanjut dia, di sisi lain saat ini memang sedang digencarkan kendaraan yang ramah lingkungan dengan tenaga listrik.

"Artinya dengan acuan tenaga listrik jangan menjadi legitimasi untuk pengadaan hal-hal yang menyinggung perasaan sosial masyarakat," tambahnya.

Dia menilai jika melihat kebutuhan saat ini terdapat pada sektor lain seperti pemangkasan bantuan KJP Plus dan KJMU hingga harga sembako yang melambung tinggi. Maka, pengadaan motor listrik bisa masuk pemborosan anggaran.

"Jika tidak berdampak ke masyarakat tentunya anggaran Rp6,3 miliar bisa dialihkan ke kebutuhan lain," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menargetkan pengadaan lima sepeda motor berbasis baterai untuk kendaraan dinas operasional (KDO) pada tahun anggaran 2024 dalam rangka ikut berkontribusi memperbaiki kualitas udara Jakarta.

"Untuk mendukung percepatan penggunaan KDO berbasis listrik dan untuk meningkatkan kualitas udara Jakarta, Dishub DKI Jakarta menargetkan pengadaan sebanyak lima KDO sepeda motor berbasis listrik di tahun 2024," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Selasa.

Pada 2023, Pemprov DKI Jakarta telah melaksanakan pengadaan kendaraan dinas berbasis listrik pada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) antara lain 186 unit Dinas Perhubungan dan 324 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dengan berbagai merek antara lain Agats dan T1000 yang digunakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan operasional.
Baca juga: Dishub DKI tetap berlakukan hari bebas kendaraan selama Ramadhan
Baca juga: Pemprov DKI pastikan armada bus Mudik Gratis 2024 laik jalan
Baca juga: Dishub DKI tindak 623 kendaraan bermotor melawan arah

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024