Jakarta (ANTARA News) - Dua pecatur pelatnas SEA Games 2013 Myanmar, GM Susanto Megaranto dan WIM Chelsie Monica Sihita, meraih poin penuh ketika melawan pecatur asing pada pertandingan babak ketujuh Kejuaraan Catur Indonesia Terbuka (IOCC) di Jakarta, Senin malam.

Susanto melibas pecatur Filipina IM Senador Emmanuel pada babak ketujuh itu, sehingga dia kini mengemas 4,5 poin. Sedangkan Chelsie menghentikan perlawanan pecatur India Karavade Eesh dan mengumpulkan 3,5 poin.

Empat pecatur rekan sepelatnasnya hanya mampu meraih setengah poin atas hasil remis melawan para pecatur asing, namun mengemas nilai yang sama dengan Susanto yaitu 4,5 poin.

WIM Medina Warda Aulia bermain imbang dengan pecatur Bangladesh GM Hossain Enamul, Masruri Rahman juga remis melawan IM Munkhgal Gombosuren dari Mongolia, sedangkan IM Tirta Chandra Purnama juga harus puas remis melawan pecatur FM Lorparizangeneh Shahin dari Iran.

Sedangkan Irene menambah pengumpulan poin menjadi 4 setelah dia juga bermain remis melawan pecatur Malaysia Teh Eu Wen Aron.

"Atlet kita ini rata-rata kurang sadar akan status profesionalisme, mereka masih terlalu manja dan dimanjakan," kata Wakil Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang berkesempatan datang dan menyaksikan pertandingan catur tersebut pada, Senin malam.

"Lihat saja, di negara kita ini apa-apa tersedia dan disediakan, coba saja anda ke luar negeri...atlet pro mereka rata-rata sangat mandiri dan sadar sekali kalau mereka hidup dari profesi mereka," tambah Utut mengomentari tentang kondisi atlet catur Indonesia yang kurang greget dalam penampilannya di Kejuaraan IOCC 2013 ini.

Sementara itu pecatur Rusia GM Aleksey Dreev tetap memimpin klasemen meskipun dia hanya bermain remis melawan pecatur India Ganguly Surya Shekhar, sehingga dia menambah setengah angka menjadi mengumpulkan 6 poin.

Sedangkan Ganguly sendiri dari hasil remis itu mengumpulkan 5 poin dan berada di urutan keempat.

Sementara pecatur Argentina GM Sandro Mareco menempel Aleksey di tempat kedua dengan 5,5 poin sehingga hanya selisih setengah poin, ketika Sandro menang atas GM Ivanisevic Ivan dari Serbia.

Unggulan pertama asal Ukraina GM Alexander Moiseenko juga masih berpeluang berburu gelar dengan hanya terpaut satu poin dari pimpinan Aleksey, dengan mengumpulkan 5 poin dari hasil kemenangan atas pecatur Filipina GM Laylo Darwin. (A020/D011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013