Jakarta (ANTARA) - Pembalap Monster Energy Yamaha Alex Rins dan Fabio Quartararo mengaku kesulitan saat berpacu di trek basah Sirkuit Internasional Lusail, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3).

Setelah awal yang sulit di sesi latihan bebas pertama, Rins dan Quartararo menargetkan untuk tampil lebih baik pada sesi kedua. Namun, hujan deras di Lusail menggagalkan rencana mereka.

“Sesi FP2 basah itu seperti ujian bagi saya. Risikonya tinggi untuk berkendara di kondisi basah dengan kaki seperti ini. Jadi, saya hanya berkata, ‘Keluarlah ke trek dan lakukan beberapa putaran’, itu saja,” kata Rins, dikutip dari keterangan resmi Yamaha, Sabtu.

Adapun Rins yang baru saja pulih dari cedera kaki parah yang ia derita pada musim lalu finis di posisi ke-15 dan ke-22.

“Kami berjuang di FP1, lalu kami mencoba menemukan level grip yang baik. Treknya tidak kotor, tapi grip-nya masih kurang, dan dalam kondisi seperti itu kami sedikit kesulitan. Tapi kami bekerja cukup keras,” ujar Rins.

Di sisi lain, Quartararo finis di P19 dan P14 pada sesi pertama dan kedua. Pembalap asal Prancis itu menilai, masih ada banyak pekerjaan yang harus ia dan tim lakukan jelang babak kualifikasi mendatang demi mendapatkan posisi terbaik di balapan Sprint dan balapan utama MotoGP Qatar.

“Kami tahu bahwa dengan kondisi grip rendah, kami cenderung kesulitan. Ini yang harus kami fokuskan. Saya berharap untuk memberikan 100 persen di sesi selanjutnya, kami harus memberikan yang terbaik,” kata Quartararo.

Baca juga: Bagnaia kecewa tak tampil maksimal pada sesi latihan MotoGP Qatar

Direktur Tim Massimo Meregalli menambahkan, semua data yang telah tim kumpulkan pada dua sesi latihan bebas tersebut akan menjadi acuan mereka untuk meningkatkan performa teknis di kualifikasi dan Sprint.

“Sabtu adalah hari yang selalu penting di MotoGP dan kali ini lebih penting lagi karena kita akan mengadakan latihan, kualifikasi, dan Sprint dalam satu hari,” kata Meregalli.

“Ini akan menjadi situasi yang sulit, namun tim akan melakukan yang terbaik untuk mengubah motornya dan membantu pembalap kami melewati jadwal Sabtu yang padat,” ujarnya menambahkan.

Para pembalap akan kembali ke trek dan melakoni sesi latihan terakhir MotoGP Qatar pada pukul 17.40 WIB. Setelah itu, mereka akan mengikuti kualifikasi dan Sprint yang masing-masing bergulir pada pukul 18.40 WIB dan 23.00 WIB.

Baca juga: Jorge Martin pimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar
Baca juga: Statistik MotoGP Qatar 2024 di Lusail


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024