Medan (ANTARA News) - Pereli nasional asal DKI Jakarta, Rizal Sungkar, mengusai hari pertama Indonesia Rally 2013 setelah mencatat waktu tercepat Leg I, di Perkebunan Lonsum, Rambong Sialang, Serdai Bedagai, Sumatera Utara, Sabtu.

Sungkar dengan navigator Endrue Fase membukukan waktu tempuh total terbaik 1 jam 34:46,8 detik setelah balapan menyelesaikan 5 SS (spesial stages). 

Andalan tim Pertamina Prima XP ini, unggul 1:13,4 detik dari pereli pasangan Sumatera Utara, Robby Harahap/Roy Martadinata, yang membuntuti di posisi kedua.

Urutan ke tiga diisi pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan/Alex Ayal, yang menyelesaikan lomba dengan selisih 1:25.4 detik di belakang.

Sementara kontestan asal Selandia Baru, Brian Green/Fleur Pedersen, menempati posisi keempat overall, diikuti pasangan pereli Sumut Ijeck/Uche di tempat ke lima.

Pereli unggulan pertama, Daniel Palau dan Thierry Song, gagal menunjukkan aksi terbaiknya, setelah sempat keluar lintasan pada SS 2 dan gagal mencapai garis finish.

Hal serupa juga dialami pasangan juara nasional asal Sulawesi Selatan, Subhan Aksa/Hade Mboi, yang juga tak mampu membuat catatan waktu di SS 2, meski menang di SS 1.

Rizal memenangkan empat dari lima SS yang diperlombakan dengan jarak total 106,8 km, untuk memperlebar peluang juara di putaran II Kejurnas 2013.

Memulai lomba dengan lambat, dengan hanya menempati posisi ke tujuh di SS 1 yang dimenangi Subhan, Rizal lantas menyapu bersih empat SS tersisa di Leg 1.

Hal serupa juga dialami Ijeck, setelah hanya mampu menempati urutan ke-12 di SS 1. Pereli tim Bla Bla Bla ini kemudian tampil konsisten dengan selalu finish di posisi 5 besar pada empat SS berikutnya.

Di grup GR2, juara nasional asal Sumut Eddy WS/Syariful Adil dari tim Indocafe TSA Delium ini menempati peringkat 12 overall, sekaligus mempimpin di grupnya di depan peserta Kaltim Ronald Nirwan/Lanang Damarjati serta Unggul Prakoso/Nugraha Hadinata.

Sementara pereli belia Sumut Arjie dengan navigator senior Prihatin Kasiman masih di posisi enam grup GR2 dan urutan empat kelas GR2.1.

Masih ada 4 SS lagi berjarak 81,5 km yang akan diperlombakan di hari terakhir Minggu (13/10) sebagai penentu juara event yang juga menyandang predikat Tri Nations Rally 2013 Putaran II ini.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013