Kantor Berita Antara bangga dapat menyelenggatakan pameran foto bersama Xinhua, dengan harapan dapat membantu meningkatkan hubungan bilateral kedua negara dalam berbagai bidang,"
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama Perum LKBN Antara Saiful Hadi mengatakan pameran foto persahabatan bangsa Indonesia dan China diharapkan berdampak mempererat hubungan bilateral kedua negara dan dapat meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang.

"Kantor Berita Antara bangga dapat menyelenggatakan pameran foto bersama Xinhua, dengan harapan dapat membantu meningkatkan hubungan bilateral kedua negara dalam berbagai bidang," kata Saiful Hadi pada pembukaan pameran foto persahabatan Indonesia-China di Museum Nasional Jakarta, Kamis.

Pameran yang memamerkan sekitar 70 foto jurnalistik itu merupakan kolaborasi antara fotografer Kantor Berita Antara, Indonesia, dan Xinhua, China.

Pameran ini secara resmi dibuka Presiden China Xi Jinping, Kamis siang, di Museum Nasional Jakarta.

Presiden Jinpin sedang melakukan lawatan ke Indonesia sejak Rabu (2/10), dan telah bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta menyepakati penguatan hubungan bilateral kedua negara.

Dirut LKBN Antara Saiful Hadi mengatakan pameran ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada setiap pengunjung melalui rekaman sejarah dalam foto, untuk kemudian berkontribusi dalan meningkatkan hubungan baik yang sudah terjalin antara kedua negara.

"Berbagai peristiwa sejarah yang diabadikan dalam foto ini diharapkan dapat memberi inspirasi kepada setiap pengunjung untuk dapat berbuat baik dalam konteks peningkatan hubungan antara kedua negara," ujarnya.

Saiful mengatakan kerja sama kedua kantor berita ini juga mencerminkan peran Antara, sebagai kantor berita nasional, dalam mendiseminasikan berita-berita dalam bentuk teks, foto, dan video dari Indonesia ke seluruh belahan dunia.

"Dengan peran ini, Antara terus mengembangkan citra sebagai kantor berita Indonesia yang berperan dalam mempererat hubungan dengan negara-negara sahabat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Kantor Berita Xinhua Li Congjun, mengatakan foto yang dipamerkan dalam ajang ini telah dipilih secara cermat oleh kedua kantor berita dan yang terpilih diantaranya, adalah pertama kali untuk dipamerkan kepada kalangan umum.

"Foto-foto ini benar-benar menangkap momen-momen penting yang berharga dalam hubungan dua negara dan benar-benar menggambarkan pertukaran yang ramah, persahabatan yang mendalam, dan hasil kerja sama kedua bangsa," kata Congjun.

Dia menambahkan pameran foto ini diharapkan dapat mempromosikan kedua negara untuk memperkuat pemahaman, memperdalam komunikasi, dan kerja sama, serta meningkatkan persahabatan antara kedua bangsa.(I029/N002)

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013