...kepada para kandidat sopir, kami akan melakukan berbagai macam tes, mulai dari pengetahuan tentang Undang Undang (UU) lalu lintas, rambu-rambu, keselamatan di jalan dan teknik berkendara."
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menggelar lomba sopir angkutan umum teladan yang diikuti para sopir di seluruh wilayah ibukota.

"Sebetulnya lomba ini selalu kita adakan setiap tahun, namanya Lomba Sopir Angkutan Umum Teladan. Tahun ini pun kita berencana untuk menggelarnya kembali," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Pristono itu, lomba tersebut digelar untuk menemukan sosok pengemudi angkutan umum yang baik dan dapat dijadikan contoh bagi sopir-sopir lainnya.

"Kita ingin mencari sosok sopir angkutan umum yang ideal. Kita ingin kasih semacam reward atau penghargaan, dan kita berharap sopir yang menang itu nantinya bisa dijadikan teladan bagi sopir-sopir lainnya," ujar Pristono.

Secara teknis, Pristono menuturkan lomba tersebut akan dimulai dari operator tempat para sopir bekerja. Pihak operator yang berhak menentukan siapa saja sopir yang akan mengikuti lomba tersebut.

"Kemudian, kepada para kandidat sopir, kami akan melakukan berbagai macam tes, mulai dari pengetahuan tentang Undang Undang (UU) lalu lintas, rambu-rambu, keselamatan di jalan dan teknik berkendara," tutur Pristono.

Selain itu, dia mengungkapkan penilaian juga akan dilakukan berdasarkan jenis angkutan umum yang digunakan, seperti angkot, bus atau taksi. Proses penilaian akan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu.

Melalui lomba tersebut, Pristono menambahkan, para sopir akan terdorong untuk mengemudi dan melayani penumpang dengan lebih baik. Di sisi lain, operator juga terdorong untuk menyediakan sarana dan prasarana angkutan umum yang baik untuk masyarakat. (R027)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013