Kendari (ANTARA News) - Partai Demokrat yang menggelar konvensi optimistis menemukan figur terbaik bangsa untuk diusung sebagai calon presiden partai ini pada Pemilihan Umum 2014, kata Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono di Kendari, Jumat.

Dia menilai 11 orang yang mengikuti konvensi calon presiden adalah figur andal. "Partai Demokrat membuka ruang kepada siapa pun yang memenuhi kriteria untuk mengikuti konvensi sebagai ajang menjaring sosok terbaik," kata Edhie.

Saat ini, kata dia, Partai Demokrat mempersilakan 11 peserta konvensi untuk mensosialisasikan diri kepada publik untuk mengukur tingkat keterpilihan.

"Mereka giat mendekatkan diri kepada rakyat karena pada waktu tertentu Partai Demokrat akan menurunkan tim survei untuk menakar tingkat elektabilitas figur," kata Edhie yang akrab disapa Ibas.

Kesebelas orang itu adalah Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Irman Gusman, Hayono Isman, Marzuki Alie, Sinyo Harry Sarundajang dan Pramono Edhie Wibowo.

"Demokrat akan konsisten dengan hasil survei dalam menetapkan calon presiden. Artinya, siapa pemilik elektabilitas tertinggi maka dialah yang akan diusung," kata Ibas.

Dia mengakui partainya tengah dirundung kasus hukum beberapa kadernya, namun dia memandangnya sebagai ujian bagi partai pemenang Pemilu 2009 tersebut.

"Partai Demokrat menyadari berada dalam badai namun tidak mau larut. Kader terus bekerja keras dan mengoresi diri," kata Ibas.

Pewarta: Sarjono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013