Jakarta (ANTARA News) - Ford, produsen mobil asal Amerika Serikat, menampilkan produk baru New Fiesta di Indonesia International Motor Show 2013 yang desainnya disebut merupakan perkembangan dari produk sebelumnya.

Menurut Communication Director PT. Ford Motor Indonesia, Lea Kartika Indra, perbedaan New Fiesta dengan tipe sebelumnya meliputi mesin empat silinder 1,5L Ti-VCT.

"Yang dulu mesinnya 1.400 cc atau 1.600 cc," kata Lea ditemui di booth Ford di Indonesia International Motor Show 2013, Jumat.

Dari segi teknologi, New Fiesta mengunggulkan sistem SYNC yang disebut pertama kali dipakai di mobil sekelasnya. Sebelumnya, SYNC juga sudah disertakan di Ford lain yang kelasnya lebih mahal.

"Dulu SYNC ada di Ford yang harganya Rp300 juta, sekarang ada di mobil yang segmen harganya berkisar Rp188 juta sampai Rp228 juta," papar Lea.

SYNS adalah sistem yang membuat audio mobil dapat terintegrasi dengan gadget. Selain memungkinkan pengendara untuk mencari dan memutar lagu dengan kontrol suara, SYNC juga dapat membacakan SMS yang masuk ke ponsel. 

Tidak hanya SMS, SYNC juga dapat mengerti arti singkatan yang umum dipakai seperti "LOL".

Sayangnya, kontrol suara dan pembacaan hingga saat ini hanya bisa dilakukan dalam bahasa Inggris.

Product Launch Manager Ford Motor Indonesia Christian Abraham mengemukakan bahwa kemungkinan membuat kontrol suara dalam bahasa Indonesia tetap terbuka meskipun belum ada rencana yang pasti.

Selain itu, New Fiesta juga memiliki fitur baru seperti Rain Sensing Auto Wiper yang membuat wiper otomatis bergerak saat mendeteksi tetesan air hujan dan Automatic Headlights  yang membuat lampu otomatis menyala saat mobil berada di kondisi gelap, seperti terowongan.

Pengendara juga dapat mengatur temperatur kabin dengan Electronic Air Temperature Control.

Soal keamanan, dual front airbags menjadi fitur standar. Selain itu, Abraham menekankan rangka New Fiesta ringan namun kuat karena memakai baja boron yang empat kali lebih kuat dari baja biasa tetapi lebih enteng.

"Bahan bakar lebih efisien juga karena ringan tetapi kuat," tambahnya.

New Fiesta juga dilengkapi Electronic Stability Program dengan Anti-lock Brakes, Electronic Brake-force Distribution dan Emergency Brake Assist.

Adanya Hill Launch Assist membantu mobil tidak meluncur ke bawah saat di tanjakan. Biasanya saat mobil dalam keadaan berhenti di tanjakan akan ada keadaan saat mobil mundur karena jeda di antara perpindahan kaki di pedal rem dan gas. 

Dengan HLA, mobil akan berhenti otomatis selama tiga detik saat kaki berpindah dari pedal rem ke gas sehingga mobil tidak akan mundur saat di tanjakan.


New Fiesta dibanderol mulai dari Rp188 juta - Rp228 juta.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013