Ottawa (ANTARA) - Indeks harga konsumen (IHK) Kanada naik 2,9 persen secara tahunan (year over year/yoy) pada Januari 2024, menyusul kenaikan 3,4 persen pada Desember 2023, menurut Statistics Canada pada Selasa (20/2).

Menurut badan statistik nasional Kanada tersebut, kontributor terbesar atas perlambatan utama adalah penurunan harga bensin secara tahunan pada Januari tahun ini. IHK utama, yang tidak termasuk bensin, melambat menjadi 3,2 persen (yoy) pada Januari, turun dari kenaikan 3,5 persen pada Desember tahun lalu.

Kenaikan harga makanan yang dibeli dari toko melambat secara tahunan pada Januari, yang memberikan tekanan penurunan terhadap IHK seluruh barang. Penurunan harga tiket pesawat dan tur perjalanan juga berkontribusi terhadap perlambatan utama, kata Statistics Canada.

Dalam basis bulanan, IHK tidak mengalami perubahan pada Januari, setelah turun 0,3 persen pada Desember tahun lalu. Dalam basis bulanan yang disesuaikan secara musiman, IHK turun 0,1 persen pada Januari, penurunan pertama sejak Mei 2020, menurut Statistics Canada. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024