Pada tahun 2023 untuk Provinsi Lampung, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menyetorkan PBBKB senilai Rp800 miliar.
Bandarlampung (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berkomitmen aktif dalam mendorong peningkatan ekonomi pemerintah, salah satu kontribusi nyatanya melalui Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) telah menyetorkan senilai Rp800 miliar ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

"Pada tahun 2023 untuk Provinsi Lampung, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menyetorkan PBBKB senilai Rp800 miliar ke pemerintah provinsi," kata Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan, dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, PBBKB merupakan pajak atas penggunaan semua jenis bahan bakar cair atau gas untuk kendaraan bermotor, dalam hal ini untuk wilayah Provinsi Lampung dikenakan tarif sebesar 7,5 persen.

Pemungutan PBBKB dilakukan oleh penyedia bahan bakar bakar bermotor sebagai wajib pungut sesuai dengan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 21 Tahun 2018.

PT Pertamina Patra Niaga telah melakukan kewajibannya dalam melakukan penyetoran PBBKB selama periode Januari hingga Desember 2023. PBBKB merupakan salah satu pendapatan yang sangat memiliki dampak yang signifikan bagi pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan daerah.

Nikho menambahkan, untuk meningkatkan pendapatan daerah dari PBBKB yang berasal dari penyedia bahan bakar minyak ( BBM), Pertamina tentunya berupaya agar penjualan BBM non-subsidi dapat terus meningkat di tengah lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.

“Pertamina sangat taat dan patuh terhadap kebijakan regulasi pemerintah khususnya di bidang perpajakan,” katanya pula.

Pertamina menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat di seluruh wilayah Sumbagsel yang telah memilih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas serta ramah lingkungan dari Pertamina.

Ia berharap minat masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas (Pertamax Series dan Dex Series) semakin meningkat, karena akan berdampak langsung kepada setoran pajak yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan wilayah provinsi tersebut.

"Terima kasih kepada masyarakat yang terus menggunakan BBM berkualitas. Peningkatan penggunaan BBM berkualitas sangat berdampak pada pendapatan daerah melalui PBBKB, sehingga geliat pembangunan di daerah dapat terus tumbuh," kata Nikho.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih tentang berbagai layanan dan produk Pertamina dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.
Baca juga: Pertamina Sumbagut memastikan stok BBM aman saat Pemilu 2024
Baca juga: Pertamina Sumbagut jalankan lebih dari 200 kegiatan TJSL pada 2023

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024