Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengatakan, sebaiknya jangan mendiskriminasi seseorang membeli mobil baru.

"Jangan mendiskriminasi orang yang baru bisa membeli mobil murah sehingga seolah-olah Jakarta itu hanya untuk orang kaya," kata Jusuf Kalla, di arena Indonesia International Motor Show 2013 (IIMS 2013), JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa.

Menanggapi pertanyaan wartawan tentang mobil low cost green car (LCGC), dia mengatakan, LCGC mobil murah dan efisien dalam pemakaian BBM, dan ramah lingkungan. Karena itu, dia menganggap mobil tersebut memiliki konsep yang bagus.

Terkait penolakan beberapa pihak yang menuding mobil LCGC akan menyebabkan kemacetan di kota besar semakin parah, JK mengatakan mobil itu justru akan mengurangi kemacetan.

"Saat ini saja 'khan sudah macet. Dengan mobil murah yang ukurannya lebih kecil ini maka kemacetan berkurang karena tidak menghabiskan ruang jalan. Kalau mobil biasa memakan ruang di jalan raya 10 meter persegi, mobil ini 'khan cuma lima meter persegi," tuturnya.

Karena itu, dia meyakini meskipun dengan LCGC, volume mobil di jalanan akan bertambah, kemacetan di Jakarta akan berkurang. Sebab, mungkin saja orang yang saat ini sudah punya mobil yang besar, akan beralih menggunakan LCGC yang lebih kecil.

"Khan belum tentu punya dua mobil itu dipakai dua-duanya. Jadi tidak ada yang salah. Di Indonesia ini mobil mahal disalahkan, mobil murah disalahkan," ujarnya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013