Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat merotasi pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan di DPR RI. Tidak hanya Gede Pasek Suardika yang diganti.

"Rotasi ini adalah bagian dari kegiatan rutin partai dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal lainnya," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Nurhayati Ali Assegaf di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Rabu.

Nama-nama pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan yang dirotasi, antara lain Teuku Riefly Harsya diangkat sebagai sekretaris fraksi menggantikan Saan Mustopa, Ruhut Sitompul diangkat sebagai ketua Komisi III menggantikan Gede Pasek Suardika, Michael Watimena diangkat menjadi wakil ketua Komisi V menggantikan Mulyadi.

Selain itu, Azam Azaman Natawijaya diangkat sebagai wakil ketua Komisi VI menggantikan Benny K. Harman, Mahrus Munir menggantikan Gondo Radityo Gambiro, dan Wayan Sugiana diangkat sebagai wakil ketua Komisi X menggantikan Agus Hermanto.

Sebelumnya beredar rumor, bahwa rotasi pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan dewan tersebut, untuk mengganti para loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Nurhayati menjelaskan bahwa rotasi itu suatu keniscayaan yang dilakukan oleh semua fraksi di DPR RI.

"Fraksi-fraksi lainnya sudah lebih dulu melakukan rotasi, sedangkan Fraksi Partai Demokrat baru saat ini," katanya.

Ia mengatakan rotasi pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan dewan itu, sudah direncanakan sejak lama, meskipun baru direalisasikan saat ini.

Pada kesempatan itu Nurhayati antara lain ditanya menyangkut mengapa baru direalisasikan saat ini, apakah karena sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI turut menghadiri deklarasi Ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) yang didirikan oleh Anas Urbaningrum di Jakarta pada Minggu (15/9) lalu.

Ia mengharapkan rotasi itu tidak dikaitkan dengan deklarasi Ormas PPI, karena ormas tersebut memang tidak ada kaitannya dengan Partai Demokrat.

"Rotasi ini tidak ada kaitannya dengan Anas Urbaningrum, tapi jika ada pihak-pihak yang mengaitkannya silakan saja," katanya.


Nama lainnya yang juga dirotasi sebelumnya, Khatibul Umam Wiranu diangkat sebagai wakil ketua Komisi II menggantikan Taufik Effendy yang mengundurkan diri dari Partai Demokrat karena menjadi caleg dari partai politik lainnya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013