Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPD RI Irman Gusman menilai pada era otonomi daerah saat ini keberhasilan pembangunan nasional ditentukan oleh kemajuan atau kesuksesan yang telah dapat diwujudkan di daerah.

"Pembangunan di daerah menjadi penentu kesuksesan kemajuan secara nasional," kata Irman Gusman ketika menyampaikan visi dan misi pada deklarasi peserta konvensi Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu.

Menurut Irman, keberhasilan pembangunan di daerah ditopang oleh perbaikan sistem birokrasi pada era demokrasi saat ini.

Karena itu, kata dia, persoalan reformasi birokrasi di daerah menjadi hal yang penting untuk mendorong daerah menjadi lebih maju.

"Reformasi birokrasi di daerah menjadi poin penting untuk pembangunan Indonesia secara keseluruhan," katanya.

Anggota DPD RI dari Sumatera Barat ini juga menyoroti, kekayaan sumber daya alam Indonesia berada di daerah, sehingga seharusnya dieksploitasi untuk kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Irman menambahkan, sebagai putra daerah, ia merasa mendapat kehormatan menjadi peserta konvensi Partai Demokrat.

Ia mengatakan bahwa konvensi itu merupakan jalan untuk menjadi calon presiden. "Kalau sebelumnya, presiden berasal dari Jawa, maka melalui konvensi ini terbuka peluang calon presiden dari luar Jawa," katanya.

Para peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat adalah:

1. Ali Masykur Musa

2. Anies Rasyid Baswedan

3. Dahlan Iskan

4. Dino Patti Jalal

5. Endriartono Sutarto

6. Gita Wirjawan

7. Hayono Isman

8. Irman Gusman

9. Marzuki Alie

10. Pramono Edhie Wibowo

11. Sinyo Harry Sarundajang.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013