Siak, Riau (ANTARA News) - Pebalap tim United Bike Kencana Projo Waseso menjadi yang tercepat pada etape pertama Tour de Siak yang menempuh jarak 115,45 km di Siak, Riau, Jumat.

Projo merebut kaus kuning setelah mencapai finis di urutan pertama dengan catatan waktu 2:32:36, mengungguli pebalap tim Dodol Picnic Garut, Arin Iswana (2:32:40) yang berada di urutan kedua dan pebalap tim Translibas Cycling Sidoarjo Rastra Patria (2:32:42) di urutan ketiga.

"Tantangan pada etape ini sebenarnya berasal dari diri sendiri. Selain itu, angin terlalu kencang," kata Projo Waseso setelah balapan usai.

Projo mengakui saingan terberat etape pertama itu adalah para pebalap dari tim Dodol Picnic Garut, sedangkan untuk tim internasional adalah tim OCBC Singapura.

Sementara itu, kategori sprint (kaus hijau) dikuasai oleh pebalap tim United Bike Kencana yang lain, Fatahillah Abdullah.

Fatahillah menjadi yang terbaik di lomba intermediate sprint etape pertama pada kilometer 54, diikuti oleh Rastra Patria dari tim Dodol Picnic Garut dan Parno dari tim KFC Bike.

Fatahillah mengatakan faktor angin kencang masih menjadi kendala ketika balapan. "Namun saya tidak ada masalah dengan cuaca hari ini," katanya.

Balapan etape pertama Tour de Siak berjalan dalam cuaca berawan dan tidak terlalu terik.

Pebalap memulai balapan tepat di depan Istana Siak, yang merupakan ikon pariwisata Kabupaten Siak.

Pada etape tersebut, para pebalap menempuh rute melintasi kawasan agrowisata Bungaraya, yang merupakan lumbung padi terbesar di Provinsi Riau.

Pebalap juga melewati Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmatsyah, yang merupakan jembatan terpanjang di Riau (1.650 meter) menuju kota Sungai Apit, yang terkenal dengan produksi Nanas dan Udang Galah, dan selanjutnya kembali ke Kota Siak.

Terdapat satu intermediate sprint race di etape pertama pada kilometer 54 setelah simpang empat Sungai Apit.

Tour de Siak 2013 tidak melombakan kategori tanjakan (King of Mountain).

Balapan berlanjut dengan etape kedua pada Sabtu yang akan menempuh jarak 154,18km mulai pukul 09:00 WIB.

(A059/I015)

Pewarta: Aditya ES
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013