Tangerang (ANTARA) - Indonesia Drift Series 2024 akan digelar di empat kota mempertandingkan tiga kelas, yakni PRO, PRO2, dan Women Drift Challenge, dengan seri pertama akan berlangsung di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 17-18 Februari.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2021, founder Indonesia Drift Series Akbar Rais mengatakan ajang tersebut telah menjadi rumah bersama untuk lebih dari 100 drifter dari berbagai kelas untuk tumbuh dan berkembang.

"Indonesia Drift Series dimulai pada 2021, pandemi saat itu, dan sejak saat itu selalu meningkat baik penonton yang datang langsung maupun online. Dengan data yang kami pegang kami yakin drifting akan semakin berkembang ke depannya," kata Akbar dalam temu media di Tangerang, Rabu.

Indonesia Drift Series yang didukung penuh Ikatan Motor Indonesia (IMI) diyakini akan menjadi lebih meriah tahun ini dengan menjadi tuan rumah D1 Grand Prix Southeast Asia Series.

Tidak hanya itu, tahun ini pula untuk pertama kalinya Indonesia Drift Series didukung oleh Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, yakni perusahaan otomotif asal Jepang Subaru.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia APM masuk dunia drifting. Dukungan Subaru Indonesia yang memiliki DNA motorsport yang kuat diharapkan dapat memajukan industri motorsport tanah air," ujar Akbar.

Bagi Subaru, partisipasi tersebut merupakan kelanjutan dari sejarah panjang lebih dari 50 tahun keterlibatan Subaru di dunia motorsport.

Baca juga: "NASCAR: Full Speed" rangkum drama sepanjang kejuaraan NASCAR 2023

Chief Executive Officer Subaru Indonesia Arie Christopher mengatakan Subaru sangat dekat dengan motorsport.

Lebih dari 50 tahun lalu, Noriyuki Koseki founder dari divisi Motorsport Subaru yaitu Subaru Tecnica International mulai menggunakan Subaru FF-1 untuk balap offroad di "The Baja 500." Sejak itu, keterlibatan Subaru di berbagai cabang olahraga Motorsport terus berlanjut hingga kini.

"Kejuaraan drift ini kita lihat audience-nya dan pelakunya adalah kalangan anak-anak muda atau generasi milenial yang merupakan potential buyer kita sebetulnya. Karena memang motorsport sendiri di Indonesia sudah menjadi magnet, daya tarik, mengingat juga sejarah Subaru yang kental dengan motorsport," ujar Arie.

Subaru Indonesia menjadi sponsor resmi Indonesia Drift Series dengan Subaru BRZ yang menjadi official car Women Drift Challenge, Subaru WRX Wagon yang menjadi safety car, hingga dukungan terhadap atlet drift PRO Class Ziko Harnadi dari Garasi Drift untuk project BRZIKO.

"Langkah ini kami harapkan dapat mendukung talenta muda motorsport tanah air, perkembangan industri motorsport di tanah air, dan spirit Women Empowerment untuk para drifter yang berkompetisi di Women Drift Challenge," kata Arie.

Subaru akan hadir di seluruh seri Indonesia Drift Series di empat kota, termasuk D1GP Southeast Asia Series. Indonesia Drift Series sendiri akan mempertandingkan enam round untuk kelas PRO, 10 round untuk kelas PRO2, enam round untuk Women Drift Challenge, dan empat special stage khusus Women Drift Challenge.

Baca juga: Benavides dan Price siapkan strategi terbaik demi taklukkan Dakar 2024
Baca juga: IIMS 2024 hadirkan alutsista Amphibious Phonton

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024