Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil asal China, Chery, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya di Indonesia dengan nama Omoda E5 yang dibanderol dengan harga Rp498,8 juta per unit yang diharapkan dapat menggenjot penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Pada awal periode penjualan, Chery menawarkan potongan harga senilai Rp10 juta untuk 1.000 pembeli pertama dan berbagai bonus lain, termasuk salah satunya adalah garansi baterai seumur hidup, untuk menarik minat konsumen. Mobil listrik ini memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 430 kilometer untuk sekali pengisian daya.

Indonesia merupakan negara pertama di luar China yang menjadi lokasi peluncuran mobil listrik buatan Chery. Jumlah pemesanan telah menembus 500 unit, termasuk pembeli pertama di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI) Airlangga Hartarto.

"Ketika saya mencoba untuk mengendarainya hari ini, ternyata tidak ada suaranya, sangat halus dan fiturnya sangat bagus karena dengan menginjak pedal rem mobil dapat langsung hidup," ujar Airlangga saat menghadiri acara peluncuran Omoda E5 di Jakarta pada Senin (5/2).

Airlangga berharap kehadiran mobil buatan Chery tersebut dapat mendorong minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Airlangga menargetkan jumlah penjualan mobil listrik secara tahunan dapat meningkat menjadi 200 ribu unit dari sekitar 80 ribu unit yang tercatat saat ini, termasuk di segmen hybrid.
 
   Pemerintah RI juga berharap Chery akan terus meningkatkan investasinya agar penggunaan komponen lokal dapat meningkat dari batas minimum 40 persen saat ini. Airlangga mendorong perusahaan asal Kota Wuhu, China, itu turut berinvestasi dalam pengembangan baterai mobil listrik di Indonesia


Selain Airlangga, Raffi Ahmad, selebritas Indonesia yang memiliki lebih dari 70 juta pengikut di media sosial Instagram, juga termasuk di antara konsumen pertama Omoda E5. Raffi memuji desain interior dan eksteriornya yang menarik.

"Alasan membeli mobil listrik ini karena kita harus ikut menjaga Bumi, serta mendukung pemerintah mengampanyekan penggunaan mobil listrik," kata Raffi yang turut hadir dalam acara peluncuran tersebut.

Sebelumnya, mobil tersebut telah diperkenalkan untuk kali pertama di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Perusahaan itu juga telah menggelar upacara produksi lokal perdana mobil tersebut di Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada awal Desember 2023 lalu.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024