Jakarta (ANTARA News) - Akses ke area sekitar World Trade Center, New York, Amerika Serikat, akan dibatasi pada Rabu untuk peringatan tahunan peristiwa 11 September, demikian dilaporkan dalam laman New York Daily News.

Acara yang digelar di National September 11 Memorial Plaza untuk anggota keluarga dari sekitar 3.000 korban akan dimulai pada pukul 08.46 waktu setempat.

Peringatan kejadian pesawat yang menabrakkan diri ke gedung tertinggi di dunia 12 tahun lalu akan dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang momentum saat pesawat pertama menghantam Menara Utara dan selesai pada pukul 12.30.

Akses untuk pejalan kaki juga akan dibatasi mulai Rabu, pukul 00.01 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Adapun jalan-jalan tersebut diantaranya Liberty, Cedar, dan Thames Street. antara Greenwich Street dan Trinity Place; Greenwich Street antara Liberty dan Carlisle Street; Albany Street antara West dan Greenwich Street; Washington Street antara Liberty dan Carlisle Street; serta Vesey Street antara Church Street dan Broadway.

Seperti dalam peringatan sebelumnya, anggota keluarga akan membacakan nama-nama korban dalam kejadian yang terjadi di World Trade Center, Pentagon dan Shanksville, Pennsylvania. Nama-nama korban dalam kejadian bom truk di lokasi yang sama pada 1993 juga akan dibacakan dalam peringatan itu.

The Tribute in Light, penghormatan dalam bentuk cahaya dari dua berkas cahaya ke langit, juga akan digelar semalaman.

Walikota Bloomberg, Komisaris Polisi Raymond Kelly dan pejabat lainnya diharapkan untuk hadir. Kegiatan peringatan ini bisa disaksikan melalui siaran streaming di situs peringatan 9/11 dan NY1 akan meliput acara tersebut pada Rabu, pukul 8.30 waktu setempat.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013