Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali. Selain bisa menghibur masyarakat, paling tidak kita sebagai masyarakat Karawang ikut memeriahkan HUT Karawang ke-380,"
Karawang (ANTARA News) - Sebanyak 38 dalang yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia Cabang Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dipastikan akan ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Karawang, yang akan digelar pada 14 September 2013.

"Para dalang yang akan ikut itu rencananya akan ditampilkan dalam satu panggung," kata Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia setempat, Dalang Darsa, di Karawang, Senin.

Dikatakannya, sebanyak 38 dalang akan menampilkan "lalakon" atau cerita tentang "sesaji hajat suya wangsa brata", yakni suatu peristiwa yang menceritakan tentang upacara yang dinilai sakral pada zaman kerajaan.

Dari ke 38 dalang yang ikut serta memeriahkan Hari Ulang Karawang tersebut, seorang dalang diantaranya merupakan dalang perempuan.

Menurut dia, pertunjukkan wayang kolosal dengan menampilkan 38 dalang dalam satu panggung belum pernah dilakukan pada kegiatan Hari Ulang Tahun Karawang sebelumnya.

"Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali. Selain bisa menghibur masyarakat, paling tidak kita sebagai masyarakat Karawang ikut memeriahkan HUT Karawang ke-380," kata dia.

Ia berharap dengan pertunjukkan wayang kolosan mampu menanamkan seni budaya warisan nenek moyang kepada generasi muda. Sehingga mereka bisa lebih tertarik menggali kebudayaan, khususnya dunia pewayangan.

"Kami bertekad akan menampilkan pertunjukkan sebaik-baiknya," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Karawang Tono Bahtiar mengatakan, penanaman kecintaan kebudayaan khususnya budaya lokal kepada generasi harus terus ditingkatkan.

"Saya kira pertunjukan 38 dalang adalah akan menjadi pertunjukan yang menarik. Karena biasanya hanya satu dalang menggarap satu cerita," kata dia.

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013