Sinyal politik sudah cukup pada Rakernas PDIP tahun ini, pengumuman yang tepat adalah awal Februari 2014,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik menilai pidato "Dedication of Life", Bung Karno, yang dibacakan oleh Joko Widodo pada Rakernas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta (6/9), sebagai sinyal pencapresan Jokowi.

Jeffrie Geovanie, anggota Dewan Pesehat CSIS dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu, mengatakan, pidato yang dibacakan oleh Jokowi itu sebagai "sinyal politik" Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri buat khalayak nasional, agar bersabar menunggu kepastian buat pencapresan Jokowi.

Menurutnya, sinyal tersebut menunjukkan bahwa belum tepat waktunya Megawati mengumumkan pencapresan Jokowi.

"Sinyal politik sudah cukup pada Rakernas PDIP tahun ini, pengumuman yang tepat adalah awal Februari 2014," katanya.

Oleh karena itu, kata Jeffrie, sinyal itu menjadikan rasa penasaran khalayak menjadi semakin besar dan itu sangat menguntungkan buat PDIP.

"Biarkan juga kita nikmati kasak kusuk tokoh-tokoh, yang berusaha mendekati Jokowi dan berharap akan dipilih oleh Megawati sebagai bakal wakil mendampingi Jokowi," katanya.

Jeffrie memprediksi bahwa tahun 2014 akan menjadi tahun berjayanya kembali PDIP  baik di pemilu legislatif maupun memenangkan pemilihan Presiden RI.

"Siklus 10 tahun buat PDIP, 10 tahun yang panjang dan tetap konsisten sebagai partai oposisi membuahkan dwi kemenangan yang spektakuler, sehingga akan dapat menjadi pelajaran berharga buat partai-partai lain," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013