Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Korea Selatan Jurgen Klinsmann ingin menularkan pengalamannya saat menjuarai Piala Dunia 1990 bersama timnas Jerman sebagai pemain pada timnya saat ini menjelang laga perempat final Piala Asia 2023 Qatar melawan Australia Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Jumat pukul 22.30 WIB.

Hal ini dikatakan Klinsmann karena ia ingin Son Heung-min dan kawan-kawan termotivasi untuk mencapai partai puncak dan kembali menjuarai Piala Asia untuk ketiga kalinya setelah terakhir kali pada edisi 1956 dan 1960.

“Saya ingin mereka merasakan apa artinya mencapai akhir sebuah turnamen, hingga akhir dan bermain demi trofi,” kata Klinsmann, melansir dari laman resmi AFC, Jumat.

“Jadi itu yang saya coba sampaikan kepada mereka, agar mereka memanfaatkan momen ini, mereka memahami momen ini. Sekarang adalah panggung besarnya,” tambahnya.

Baca juga: Korea Selatan melaju ke perempat final seusai singkirkan Arab Saudi

Korea Selatan melaju ke babak perempat final setelah persaingan sengit melawan tim asuhan Roberto Mancini, Arab Saudi di babak 16 besar.

Saat itu, Gue-sung Cho muncul sebagai penyelamat bagi Taeguk Warriors ketika gol pada menit terakhirnya membuat laga seri 1-1 dan berlanjut hingga babak extra time dan adu penalti.

Pada babak adu penalti, kiper Hyeon-woo Jo tampil gemilang dengan menyelamatkan dua tendangan untuk membawa Korea Selatan melaju ke perempat final.

“Dan saya menyukai momen ini. Saya pribadi menyukai momen ini dan saya harap mereka juga menikmatinya, dan mereka juga menyukainya. Dan kemudian tim yang lebih baik akan menang dan itu akan menjadi pertandingan yang menegangkan melawan Socceroos,” kata pelatih 59 tahun itu.

Meski tahu Australia bukan tim sembarangan, Klinsmann menaruh rasa optimisme cukup tinggi timnya dapat menaklukkan tim asuhan Graham Arnold tersebut.

“Mereka tim yang bagus. Kami sangat menghormati mereka tapi kami juga percaya pada diri kami sendiri. Jadi mudah-mudahan ini berhasil, tapi saya sangat berharap mereka memahami ini adalah momen spesial dalam karier mereka (skuadnya),” ucap Klinsmann.

Baca juga: Junya Ito tinggalkan Piala Asia akibat dugaan pelecehan seksual

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024