Cirebon (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep meyakini partainya bisa meraih suara banyak di Jawa Barat dan Jawa Timur menyusul terus meningkatnya popularitas partainya.

"Sangat bisa, sangat bisa," kata Kaesang usai Kampanye Akbar PSI di Kabupaten Cirebon, Kamis, menanggapi pertanyaan wartawan mengenai kontribusi suara PSI di dua wilayah dengan ceruk besar yaitu Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pada hari ini, Kaesang menjalani Kampanye Akbar PSI bertajuk Mawar Melawan di Kota Malang Jawa Timur dan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Dua wilayah tersebut merupakan sejumlah kantong suara terbanyak yang bisa berkontribusi besar terhadap perolehan suara secara nasional pada Pemilu 2024.

Kaesang menyebut dirinya terus berusaha meningkatkan popularitas partai hingga saat ini mulai dikenal oleh masyarakat.

"Kita juga selalu berjuang untuk meningkatkan tingkat popularitas dari PSI sendiri. Sekarang orang sudah mulai tahu PSI itu partai apa," kata Kaesang.

Berdasarkan survei terbaru Data Riset Analitika, PSI memperoleh suara sampai 4,3 persen. Jumlah persentase tersebut telah melampaui syarat ambang batas parlemen 4 persen yang memungkinkan partai yang memposisikan diri sebagai partai anak muda tersebut masuk ke DPR.

Elektabilitas PSI mulai menanjak secara perlahan sejak Kaesang menjabat Ketua Umum.

Saat menjalani Kampanye Akbar PSI di Kupang NTT pada Rabu (31/1), Kaesang menyebut PSI telah menempati posisi elektabilitas tertinggi ketiga di NTT.

Bahkan Kaesang percaya PSI bisa memberikan kejutan pada Pemilu 2024 dengan meraih suara hingga 6 persen.

Baca juga: Kaesang ajak masyarakat Malang pilih 02 dengan coblos "Lambene Samsul"
Baca juga: Survei Prabowo-Gibran 50 persen, Kaesang optimistis satu putaran

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024