Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan event-event daerah yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 akan menjadi daya tarik wisatawan ke Aceh sampai Papua.

“Kita akan meningkatkan promosi melalui media digital dan menginisiasi event-event daerah ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berwisata ke Aceh sampai Papua,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Sabtu malam.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meluncurkan 110 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Dari 110 event yang diluncurkan tersebut tiga di antaranya yakni Aceh Ramadhan Festival, Aceh Perkusi dan Sabang Marient Festival berasal dari Tanah Rencong.

Ia menjelaskan Kemenparekraf akan menggencarkan promosi event-event KEN 2024 dengan memanfaatkan media digital sehingga KEN dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Ia mengatakan pelaksanaan event-event KEN 2024 tersebar di seluruh daerah dan pelaksanaan kegiatannya tidak akan menumpuk pada akhir tahun, bahkan ada yang akan segera berlangsung.

Sandiaga juga mengatakan pada setiap event-event daerah nantinya juga akan hadir zona kuliner di mana setiap daerah dapat memperkenalkan makanan khas asal daerahnya kepada wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

KEN adalah salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan agenda-agenda di seluruh Indonesia yang telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.

Ia menambahkan dengan peluncuran KEN 2024 tersebut akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru sebanyak 4,4 juta pada tahun itu.

Sebelumnya grup Perkusi Rapai Aceh tampil pertama pada pembukaan festival Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Para penonton terlihat menikmati setiap tabuhan rapai kolaborasi Perkusi Aceh dengan mengusung tema Geumuruh Tanah Rencong pada pembukaan festival KEN 2024.
Baca juga: Menparekraf tegaskan subsektor kuliner hadir dalam rangkaian KEN 2024
Baca juga: Menparekraf ungkap KEN 2023 telah dikunjungi 7,36 juta masyarakat
Baca juga: Kemenparekraf ajak Pemda kelola event secara berkelanjutan
Baca juga: Jokowi: KEN 2024 jadi magnet bagi kunjungan wisatawan


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024