Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Malaysia telah menangkap lebih dari 2.000 imigran dalam razia skala besar selama akhir pekan, kata para pejabat, Senin.

Menteri Dalam Negeri Ahmad Zahid Hamidi dikutip oleh surat kabar Star mengatakan bahwa orang-orang yang ditangkap adalah di antaranya sekitar 8.000 orang yang diperiksa oleh pihak berwenang dalam 40 operasi di seluruh negeri.

Para imigran gelap tersebut datang dari Indonesia, Myanmar, Bangladesh, Nepal, dan negara-negara lain, kata Ahmad Zahid.

Operasi-operasi itu, yang akan dilanjutkan sampai akhir tahun 2013, melibatkan beberapa pejabat dari berbagai badan seperti Departemen Imigran, kepolisian, dan pasukan angkatan bersenjata.

Razia tersebut dilakukan setelah program amnesti oleh pemerintah Malaysia pada tahun 2011 menunjukkan 1,3 juta orang asing tak dilengkapi dokumentasi tercatat.

Para pejabat imigrasi mengatakan bahwa orang-orang itu ditangkap dan akan dideportasi, sedangkan para majikan akan menghadapi hukuman denda dan ancaman penjara.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013