Jakarta (ANTARA) - Penampilan grup Aceh Perkusi yang mengawali festival Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 memukau para penonton dan pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada acara pergelaran, Sabtu.

“Penampilan rapai pada pembukaan festival KEN 2024 sangat luar biasa dan ini menjadi awal mempromosikan Aceh Perkusi yang masuk dalam salah satu event KEN 2024,” kata Direktur Event Daerah pada Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Reza Fahlevi di Jakarta, Sabtu.

Para penonton terlihat menikmati setiap tabuhan rapai kolaborasi Aceh Perkusi dengan mengusung tema Geumuruh Tanah Rencong pada pembukaan festival KEN 2024.

Ia menjelaskan Aceh Perkusi merupakan acara yang ditampilkan provinsi ujung paling barat Indonesia yang masuk salah satu dari 110 agenda KEN 2024 yang akan diluncurkan di TMII. 

Penampilan Aceh Perkusi merupakan kali pertama masuk KEN. KEN adalah salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan agenda-agenda di seluruh Indonesia yang telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.

Baca juga: Tiga ajang pariwisata di Kaltim masuk KEN Kemenparekraf 2024

Baca juga: Kemenparekraf siapkan KEN 2024 untuk tingkatkan kunjungan wisata


Ia menambahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap untuk mendukung pengembangan Perkusi Aceh dengan meningkatkan promosi K dan sarana prasarana pendukung dengan ikut serta berkolaborasi dengan Disbudpar Aceh.

“Kami berharap Aceh Perkusi ini tidak hanya menjadi agenda terbaik di tingkat Aceh, tapi bisa terbaik untuk tingkat nasional seiring dengan promosi dan persiapan yang dilakukan lebih awal,” katanya.

Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh Nurlaila Hamjah mengatakan penampilan Perkusi Aceh pada pembukaan Festival KEN 2024 zona budaya menjadi bagian mempromosikan event asal provinsi berpenduduk lima juta jiwa itu di tingkat nasional.

“Insya Allah Aceh Perkusi akan kami laksanakan pada 13 Septermber 2024. Aceh Perkusi merupakan satu dari 110 KEN 2024,” katanya.

Ia menambahkan Aceh Perkusi yang tampil perdana pada pembukaan Festival KEN 2024 merupakan kolaborasi dari Rapai geleng, rapai geurimpheng, Rapai Pasee dan Didong.

“Kami berharap dengan adanya atraksi budaya yang akan digelar Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh dapat meningkatkan kunjungan dan memberikan dampak ekonomi pada semua sektor,” katanya.

Baca juga: Kemenparekraf hadirkan Kharisma Event Nusantara di Kabupaten Ngada

Baca juga: Wamenparekraf: Event di daerah jadi magnet pariwisata


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024