Medan (ANTARA) - Master teacher dari Korea Selatan, Park Jang Hwan, berbagi ilmu di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada acara ”Workshop Tenaga Pengajar bersama Master Teacher Korea Selatan" dengan tema "Adapting Teaching with Korean Insight for Young Education" di Medan, Sabtu.

Park Jang Hwan yang merupakan guru SMP senior di Korea Selatan membagikan pengalamannya berikut tip dan trik mengajar yang baik selama menjadi guru.

Intinya, menurut dia, dari segi pengajaran guru harus mempersiapkan diri dengan baik, mengajak anak-anak belajar dengan menyenangkan dengan berbagai permainan seperti "Word Hunting", "Dize Act", "Quiz Market" dan "Quiz with Picture".

"Peserta yang mengikuti workshop ini terlihat bersemangat, aktif dan antusias. Permainan ini dapat di terapkan di dalam kelas yang akan membuat kondisi lingkungan kelas menjadi menarik dan siswa-siswi lebih aktif," katanya.

Dia memaparkan, kualitas karakter, rasa ingin tahu, inisiatif, dan semangat juang merupakan kunci sukses mencapai cita-cita. Bangsa Korea sangat kuat di situ.

"Kita bisa belajar dari saudara-saudara kita di sana. Ini adalah kunci keberhasilan setiap orang," katanya.

Baca juga: UMSU raih 17 penghargaan pelaporan SPMI LLDikti Sumut

Baca juga: UMSU perkuat jaringan menuju kampus berkelas dunia 


Selain itu, dia menambahkan perpustakaan UMSU sangat nyaman dan keren karena bisa membuat kegiatan yang dapat meningkatkan literasi mahasiswa.

Harapannya, perpustakaan UMSU terus membangkitkan literasi mahasiswanya dan menjadikan perpustakaan yang terus menginspirasi.

Park Jang Hwan memaparkan materi dengan bahasa Korea dan didampingi Nurul Hafidzha Lubis sebagai interpreter atau penerjemah.

Kepala Perpustakaan UMSU, Dr. Muhammad Arifin sekaligus pembina Relawan Perpustakaan UMSU mengatakan pelatihan yang digelar dengan berkolaborasi bersama Medan Generasi Impian tersebut berlangsung selama dua jam.

"Kami senang bisa menggelar kegiatan ini. tentunya akan sangat bermanfaat bagi peserta pelatihan untuk menambah literasi tentang pengajaran yang baik," katanya.

Baca juga: UMSU bangun tower 17 lantai senilai Rp250 miliar

Baca juga: UMSU raih enam penghargaan Anugerah Diktiristek 2023

Pewarta: Juraidi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024