Kendari (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Umar Arsal mengatakan prioritas utama untuk daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Konawe Kepulauan adalah kelistrikan.

"Empat prioritas untuk Konawe Utara adalah listrik, air bersih, kesehatan dan pendidikan," ujar Umar Arsal.

Menurut dia, fasilitas lain di daerah otonomi baru tersebut akan mudah terbangun kalau empat hal utama itu terpenuhi terlebih dahulu.

"Khusus fasilitas kesehatan yang menjadi target minimal adalah pembangunan Puskesmas Plus di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan," katanya.

Yang harus menjadi titik perhatian pemerintah setempat katanya, agar seluruh daerah harus bisa dijangkau penerangan listrik, setelah itu diupayakan agar warga mudah mengakses air bersih begitu pula fasilitas pendidikan harus tersedia hingga ke pelosok.

"Saya akan berusaha memperjuangkan di pusat, agar daerah itu bisa mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) terutama menyangkut pemenuhan empat prioritas tersebut," katanya.

Kabupaten Konawe Kepulauan yang terdiri tujuh Kecamatan yakni kecamatan Wawonii Barat, Tengah, Selatan, Tenggara, Timur, Timur Laut dan Wawonii Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Konawe yang resmi mekar pada April tahun ini.

Meskipun sudah resmi mekar dari Konawe, namun hingga saat ini belum ada penetapan dari pemerintah mengenai pejabat pelaksana Bupati, sehingga administrasi masih atas nama Kabupaten Konawe.



Pewarta: Suparman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013