Kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial melandasi perusahaan untuk meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 pada tahun 2022.
Cirebon (ANTARA) -
Bluebird melakukan inisiatif melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps sebagai komitmen terhadap kepedulian lingkungan, kesejahteraan sosial, dan tata kelola perusahaan yang tercakup dalam Visi Keberlanjutan 50:30.
 
BlueSky adalah komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, dan BlueCorps yang menjadi komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.
 
Direktur Utama PT Bluebird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial melandasi perusahaan untuk meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 pada tahun 2022.
 
"Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya visi tersebut. Bluebird telah mencatatkan capaian positif dalam perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun tata kelola perusahaan," kata Adrianto dalam keterangan yang diterima di Cirebon, Jawa Barat, Kamis.
 
Untuk pilar BlueSky, ujar Adrianto, hingga saat ini Bluebird telah mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik, 3.200 armada CNG, serta menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih.
 
Hasilnya, selama tahun 2023 penggunaan armada listrik telah berhasil mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG mengurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, dan panel surya mengurangi hingga sebanyak 48,3 ton emisi karbon.
 
Selain itu, Bluebird juga mengimplementasikan program 3R (reduce, reuse, recycle) dengan para pengemudi dan karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga 1 juta ton selama tahun 2023.
 
Sedangkan untuk pilar BlueLife, Bluebird telah membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38.000 anak pengemudi berprestasi.
 
Kemudian, Bluebird memberdayakan lebih dari 1.000 istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird yang membuka kelas memasak, menjahit, dan make up dengan tujuan memberikan kemampuan tambahan untuk membantu kesejahteraan keluarga.
 
Selain itu, Bluebird juga terus meningkatkan rasio pengemudi dan karyawan perempuan hingga lebih dari 500 orang, serta menggandeng pengusaha taksi lokal di Bandung dan Yogyakarta dengan mengoperasikan lebih dari 100 armada agar bisa bangkit dan terus tumbuh.
 
Sementara untuk pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik melalui transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga selalu meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A.
 
"Komitmen Bluebird tersebut mendapatkan pengakuan publik melalui penghargaan yang diterima dari berbagai organisasi terpercaya," ujar Adrianto.
 
Pada tahun 2023, Bluebird meraih banyak penghargaan seperti perusahaan dengan transformasi bisnis terbaik, perusahaan yang mengembangkan dan mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik, serta perusahaan yang memiliki ekosistem dan inovasi digital.
Baca juga: 51 Tahun Bluebird, semakin andal menjaga bumi hijau dan langit biru
Baca juga: Bluebird jadikan 1.500 pengemudinya agen perubahan lingkungan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024